Sukses


Prediksi Vietnam Vs Timnas Indonesia: Bisa Menang dan Bikin Kejutan, Skuad Garuda?

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi. Keberhasilan mengimbangi Timnas Thailand menjadi raihan yang cukup luar biasa.

Alasannya, tim berjulukan Skuad Garuda ini berkekuatan wajah-wajah segar minim pengalaman. Sasaran selanjutnya Syahrian Abimanyu dkk adalah Vietnam.

Timnas Indonesia mampu menahan imbang Thailand 2-2 dalam matchday keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada 3 Juni 2021. Empat hari berselang, Skuad Garuda telah ditunggu oleh Vietnam, penguasa sementara grup ini.

Timnas Indonesia akan menantang Vietnam di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap timnya dapat pecah telur ketika menghadapi Vietnam. Sebab, dalam enam laga Grup G, Skuad Garuda belum pernah sekalipun meraih kemenangan.

"Kalau kami bertanding seperti melawan Thailand, dengan kemauan tinggi, pasti laga berikutnya akan lebih baik lagi. Saya akan mendorong anak-anak sebab tim ini belum meraih kemenangan," imbuh Shin Tae-yong.

"Saya mau mereka lebih semangat untuk pertandingan berikutnya. Saya berharap Timnas Indonesia bisa memberikan sesuatu yang baru dan berusaha semaksimal mungkin," ucap mantan arsitek Timnas Korea Selatan itu.

Kondisi empat pemain Timnas Indonesia untuk melawan Vietnam masih meragukan. Keempatnya adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Ryuji Utomo, dan Andy Setyo. Dua nama pertama menderita cedera ketika menghadapi Thailand.

Ryuji Utomo dan Andy Setyo bahkan tidak masuk line up atau daftar susunan pemain (DSP) Timnas Indonesia ketika berhadapan dengan Thailand.

Kondisi Egy Maulana Vikri diyakini telah membaik. Kehadiran gelandang Lechia Gdansk itu sangat penting untuk Timnas Indonesia. Sementara peran Witan Sulaeman, dapat digantikan oleh dua pemain dengan kualitas sama baiknya, Osvaldo Haay dan Adam Alis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Teror Park Hang-seo

Sejak menangani Vietnam pada 2017, baik di level senior maupun kelompok usia, Park Hang-seo tidak pernah kalah dari Timnas Indonesia.

Arsitek asal Korea Selatan itu bahkan menyapu bersih empat pertemuan dengan kemenangan.

Kemenangan terpenting Park Hang-seo atas Timnas Indonesia, waktu itu level usia U-22, adalah di final SEA Games 2019 ketika Vietnam U-22 berhasil mendulang medali emas setelah mencetak tiga gol tanpa balas.

Namun, Park Hang-seo punya rekor buruk ketika berhadapan dengan Shin Tae-yong. Kedua pelatih pernah beradu taktik selama sepuluh kali, semuanya terjadi di kompetisi dan turnamen domestik di Korea Selatan.

"Di lapangan, mungkin kami rival. Tapi, setelah pertandingan, kami akan tetap saling menghargai. Saat memasuki pertandingan, saya pasti berkepala dingin. Menang atau kalah itu biasa. Tapi, saat ini kami harus fokus untuk bisa meraih kemenangan," terang Shin Tae-yong.

Melawan Shin Tae-yong, Park Hang-seo hanya sekali menang dan delapan kali kalah, sementara satu laga lainnya berakhir imbang.

Untuk pertandingan nanti, Vietnam jelas lebih diunggulkan. Namun, kekuatan tim berjulukan The Golden Dragons itu harus tereduksi dengan absennya dua pemain pilar. Park Hang-seo terpaksa mencoret kiper utamanya, Dang Van Lam. Sebab, penjaga gawang Cerezo Osaka di Liga Jepang itu kontak dengan kasus positif COVID-19 di klubnya.

Vietnam juga tanpa pemain paling berpengalamannya saat ini, Nguyen Trong Hoang. Gelandang berusia 32 tahun itu sedang menjalani akumulasi kartu kuning.

"Saya mengerahkan seluruh tenaga saya untuk laga melawan Timnas Indonesia," imbuh Park Hang-seo dinukil dari media Vietnam, Bongdaplus.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

  • Vietnam (4-4-2): Bui Tan Truong; Ho Tan Tai, Vu Van Thanh, Do Duy Manh, Doan Van Hau; Luong Xuan Truong, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tuan Anh; Nguyen Cong Phuong, Ha Duc Chinh
  • Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)
  • Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan; Syahrian Abimanyu, Kadek Agung; Egy Maulana Vikri, Evan Dimas, Adam Alis; Kushedya Yudo
  • Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Video Populer

Foto Populer