Sukses


Man of The Match Vietnam Vs Timnas Indonesia: Nguyen Tien Linh, Si Pemecah Kebuntuan

Bola.com, Dubai - Timnas Vietnam harus berterima kasih terhadap Nguyen Tien Linh. Berkat gol pembukanya, keran gol tim berjulukan The Golden Dragons itu mengalir deras ketika menghadapi Timnas Indonesia.

Vietnam berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 4-0 pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Timnas Indonesia masih mampu mengimbangi Vietnam pada 45 menit pertama, namun tidak untuk paruh kedua.

Nguyen Tien Linh memecah kebuntuan Vietnam lewat golnya pada menit ke-51 setelah menerima umpan terukur dari Nguyen Phong Hong Duy.

Striker bernomor punggung 22 itu berhasil menyelinap dari penjagaan dua bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho dan Arif Satria untuk memperdaya kiper Nadeo Argawinata.

Gol Nguyen Tien Linh itu berbau kontroversi. Sebab, pemain berusia 23 tahun ini dianggap oleh Nadeo Argawinata dkk. menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol. Para pemain Timnas Indonesia pun sempat melakukan protes keras terhadap wasit yang berbuah kartu kuning untuk Nadeo.

2 dari 4 halaman

Nguyen Tien Linh Algojo Mematikan

Gol Nguyen Tien Linh lahir dari kesempatan keduanya menembak bola. Pada kesempatan pertama, tendangannya diblok oleh Arif Satria. Bola lalu melambung ke badannya. Nadeo Argawinata sempat mengangkat tangan tanda Nguyen Tien Linh terkena handball. Namun, wasit Ahmad Alali tidak menggubrisnya.

Nguyen Tien Linh terlanjur dalam posisi enak pada kesempatan keduanya. Penyerang Becamex Binh Duong itu melancarkan tendangan mendatar ke sisi kanan gawang Nadeo Argawinata. Bola sempat membentur tiang sebelum masuk ke gawang.

Sepakan Nguyen Tien Linh sebenarnya tidak kencang-kencang amat. Namun, Nadeo Argawinata hanya terpana melihat bola karena kehilangan fokus setelah menuduhnya menyentuh bola dengan tangan.

3 dari 4 halaman

Cetak Assist

Selain mencetak gol, Nguyen Tien Linh juga membuat assist untuk gol ketiga Vietnam melalui Nguyen Cong Phuong pada menit ke-67.

Berawal dari sepak pojok Luong Xuan Truong, sundulan Nguyen Tien Linh malah mengarah ke Nguyen Cong Phuong yang tinggal menyontek bola lewat pahanya ke gawang Nadeo Argawinata.

Nadeo Argawinata, yang kaget dengan keberadaan Nguyen Cong Phuong di depannya, sempat menahan bola dengan pahanya, namun gagal karena bola tetap mengalir ke gawang Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Nguyen Tien Linh adalah top scorer Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Penyerang berpostur ideal, 183 cm itu telah berhasil membukukan tiga gol.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer