Sukses


Alasan Berkelas Vietnam Enggan Meladeni Permainan Kasar Timnas Indonesia

Bola.com, Dubai - Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mengakui adanya permainan keras yang diusung Timnas Indonesia pada lanjutan babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (7/6/2021) malam WIB. Namun, Park Hang-seo punya alasan khusus timnya enggan meladeni permainan kasar Timnas Indonesia.

Laga Timnas Indonesia melawan Vietnam selalu dibumbui drama-drama di lapangan. Hal itu kembali terulang pada pertandingan yang digelar di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab.

Pertandingan sudah panas sejak awal setelah Vietnam melancarkan serangan masif ke lini pertahanan Timnas Indonesia. Namun, Vietnam frustrasi karena sejumlah peluang yang dihasilkan mampu dibendung oleh barisan pemain belakang Tim Garuda.

Situasi itu membuat tempo permainan makin tinggi. Sejumlah pelanggaran keras dilakukan Timnas Indonesia untuk mematahkan serangan Vietnam.

Wasit Ahmad Alali asal Kuwait tak henti-hentinya meniup peluit tanda pelanggaran, bahkan hingga mengeluarkan kartu kuning dari sakunya. Pelatih Park Hang-seo menyebut respons para pemain Vietnam sudah tepat sehingga tidak terpancing permainan kasar Timnas Indonesia.

"Quang Hai dan teman-temannya di lapangan sudah tepat tidak bereaksi dengan permainan kasar Timnas Indonesia. Sehingga mereka tidak mengalami cedera," kata Park Hang-seo usai laga.

Park Hang-seo juga menyebut Vietnam masih memiiliki laga untuk dimainkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal itulah yang membuat Vietnam lebih mengandalkan strategi ketimbang adu fisik saat meladeni perlawaan Timnas Indonesia.

"Kami harus memikirkan pertandingan berikutnya. Vietnam memasuki lapangan untuk menerapkan strategi yang diusung dan ingin melakukan yang terbaik. Saya tidak ingin berbicara banyak mengenai tim lawan dan hanya fokus pada apa yang kami lakukan," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Sudah Tepat

Pelatih Park Hang-seo juga tak ingin mengkritik keputusan-keputusan yang diambil wasit Ahmad Alali dalam pertandingan melawan Timnas Indonesia. Park Hang-seo menilai, wasit sudah melakukan tugasnya dengan baik dan tidak merugikan.

"Kinerja wasit normal sehingga tim pelatih tidak banyak memiliki keluhan. Tentu saja, saya tidak seharusnya mengomentari kinerja wasit," kata Park Hang-seo.

Wasit Ahmad Alali tercatat mengeluarkan tujuh kartu kuning dalam laga Vietnam melawan Timnas Indonesia. Rinciannya adalah, lima kartu kuning untuk Timnas Indonesia dan dua kartu kuning untuk Vietnam.

Video Populer

Foto Populer