Sukses


5 Loyalis yang Masih Bersemangat Membela Persija: Ismed Tembus 19 Tahun

Bola.com, Jakarta - Bermain dengan durasi yang lama di klub Indonesia bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, hal itu ternyata mampu dibuktikan oleh sejumlah pemain Persija Jakarta.

Klub Indonesia biasanya berbeda dengan luar negeri. Seperti Persija Jakarta, mayoritas tim Tanah Air memberikan kontrak jangka pendek dengan opsi perpanjangan setiap tahunnya.

Jarang ada klub yang berani memberikan kontrak di muka selama dua atau tiga tahun untuk pemainnya. Hal inilah yang membuat mayoritas pemain bisa membela banyak klub di Indonesia.

Situasi itu terjadi karena karakteristik pemain Indonesia yang cepat naik dan juga turun. Wajar bila klub tak berani melakukan perjudian dengan memberikan kontrak jangka panjang.

Meski demikian, pada kenyataannya ada pemain yang mampu memiliki karier panjang pada sebuah klub Indonesia. Penyebabnya karena rasa cinta dan loyal serta didukung penampilan gemilang hingga konsisten.

Lantas, siapa saja pemain yang masih loyal bermain untuk Persija untuk durasi yang lama? Berikut ini lima pemain yang memiliki rekam jejak karier lama di Persija Jakarta.

2 dari 7 halaman

Rezaldi Hehanussa

Rezaldi Hehanussa mulai membela Persija Jakarta sejak 2016. Artinya, Rezaldi Hehanussa sejauh ini sudah lima tahun bermain untuk klub ibu kota.

Rezaldi Hehanussa telah mengemas 67 pertandingan dan mencetak empat gol. Perannya di sektor bek kiri Persija juga sukar tergantikan.

Pada usia yang baru mencapai 25 tahun, Rezaldi Hehanussa diprediksi masih memiliki karier panjang di Persija. Adapun kontraknya saat ini akan berakhir pada 31 Desember 2021.

3 dari 7 halaman

Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman bergabung dengan Persija pada 2016. Maman sejauh ini sudah mengemas 98 pertandingan dan mencetak dua gol untuk klub ibu kota.

Pada usia yang tak lagi muda, Maman masih mampu menunjukkan penampilan gemilang di lini belakang. Meskipun sesekali perannya tergantikan sebagai bek.

Maman saat ini masih terikat kontrak sampai 22 Januari 2022. Menarik untuk menyaksikan kelanjutkan karier pemain 39 tahun itu.

4 dari 7 halaman

Ramdani Lestaluhu

Ramdani Lestaluhu sudah bermain untuk Persija sejak 2007. Namun, pada periode pertama Ramdani sempat hengkang ke Sriwijaya FC pada 2012.

Ramdani kemudian kembali lagi ke Persija pada 2014. Sejak saat itu sampai sekarang Ramdani masih memperkuat Persija di lini tengah.

Jika diakumulasikan, Ramdani sudah mengemas 169 penampilan dan mencetak 28 gol. Masa dinasnya di Persija sampai saat ini sudah di angka 12 tahun.

5 dari 7 halaman

Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa sudah membela Persija Jakarta sejak 2010. Artinya, sejauh ini Andritany sudah 11 tahun bermain untuk Persija.

Kiper berusia 29 tahun itu memiliki 150 penampilan untuk Persija di berbagai ajang. Andritany pun sudah mengenakan ban kapten Persija saat ini.

Dengan usia yang masih bisa bersaing, besar kemungkinan Andritany Ardhiyasa masih akan terus bermain untuk Persija. Apalagi sejauh ini belum ada kiper lain yang bisa menggantikan perannya di bawah mistar gawang.

6 dari 7 halaman

Ismed Sofyan

Ismed Sofyan menjadi pemain yang paling lama membela Persija Jakarta saat ini. Ismed sudah berseragam Persija sejak 2002.

Secara keseluruhan, Ismed telah mengemas 370 penampilan dan sukses mencetak 17 gol. Pada usia 41 tahun, Ismed belum memiliki niat untuk pensiun sebagai pesepak bola.

Ismed masih memiliki kontrak sampai 31 Desember 2021 bersama Persija. Meskipun belakangan perannya sebagai pemain mulai jarang terlihat.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer