Sukses


Liga 1 2021 Bisa Digelar di SUGBK dan Stadion Lain di Jakarta

Bola.com, Jakarta - Stadion di ibu kota menghilang pada draf jadwal Liga 1 2021. Padahal, series pertama kompetisi akan digelar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Dalam draf jadwal yang berjudul "Skema Double Round Robin Liga 1 2021-2022", enam stadion dipilih sebagai tuan rumah untuk seri pertama Liga 1.

Keenam stadion tersebut tersebar di Banten dan Jawa Barat meliputi Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

PT LIB berencana akan tetap memakai stadion di DKI seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Stadion Madya sebagai tuan rumah seri pertama Liga 1. Sebab, stadion tuan rumah di kompetisi masih bisa berubah tergantung dengan situasi.

Stadion Patriot Candrabhaga, misalnya, yang saat ini disulap oleh Pemerintah Bekasi menjadi rumah sakit darurat untuk pasien virus corona. Stadion Pakansari juga dimanfaatkan untuk vaksinasi COVID-19.

"Kami akan mengirim surat ke pengelola stadion dalam hal ini. Apakah stadionnya bisa dipakai atau tidak. Makanya, kami bersurat dulu ke pengelola stadion. Kalau dipakai Satgas COVID-19, artinya tidak bisa dipakai," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno ketika dihubungi Bola.com, Selasa (22/6/2021).

"Kami ada beberapa alternatif stadion yang akan kami pakai. Itu menjadi pertimbangan. Makanya di klaster pertama itu, ada 8-9 stadion, namun yang kami pakai cuma 4-5 stadion. Ini menjadi pertimbangan kami untuk bisa menggeser venue sebagai antisipasi," jelas Sudjarno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tuan Rumah Tidak Bisa Bermain di Kandang

Sudjarno juga memastikan bahwa tuan rumah diatur untuk tidak bisa bermain di kandang. Misalnya, Persija Jakarta bakal bertanding di luar DKI selama seri pertama Liga 1.

"Kami lihat nanti pertandingannya. Yang jelas, Persija Jakarta tidak bisa bermain di SUGBK dan Stadion Madya. Lalu juga di Stadion Patriot. Untuk laga-laga yang lain bisa," tutur Sudjarno.

"Ini miss komunikasi dan salah persepsi, seolah-olah Jakarta tidak akan kami pakai. Kecuali ada laga Persija Jakarta, tidak akan bermain di situ."

"Kemungkinan match lain, bisa bermain di SUGBK, Stadion Madya, dan Stadion Patriot Candrabhaga. Sebab ketiga stadion itu adalah homebase-nya Persija Jakarta," terangnya.

Sudjarno berjanji akan merilis jadwal tetap untuk Liga 1 pada pekan depan setelah menjadwalkan manajer meeting's bersama peserta.

Video Populer

Foto Populer