Sukses


Liga 1: Setelah Evan Dimas dan Marc Klok Pergi, Siapa dong yang Jadi Playmaker Persija?

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta membuat kejutan pada Rabu (23/6/2021). Klub berjulukan Macan Kemayoran itu memilih berpisah dengan Marc Klok.

"Persija Jakarta dan Marc Klok secara resmi bersepakat untuk mengakhiri kontrak kerja sama profesional. Oleh karena itu, Klok tidak lagi menjadi bagian dari tim Persija per hari ini," kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca.

"Tentu bukan keputusan yang mudah, tapi pada akhirnya ini adalah keputusan terbaik untuk semua pihak. Saya dapat memastikan bahwa hal ini sama sekali tidak memengaruhi kondisi tim menuju Liga 1," tegas Prapanca.

Marc Klok tentu saja pergi lebih cepat dari Persija Jakarta. Padahal, kontrak pemain berusia 28 tahun itu sejatinya baru berakhir pada Januari 2024 di klub ibu kota.

"Satu setengah tahun ini momen yang paling sulit dilupakan dalam hidup saya. Kami berkeringat, berjuang, dan meraih kemenangan bersama di turnamen terakhir," kata Marc Klok dalam penggalan surat perpisahannya.

"Saya dan pihak manajemen klub sepakat untuk berpisah. Saya yakin upaya yang diambil dan diputuskan adalah untuk kebaikan baik bagi Persija Jakarta sebagai klub maupun saya sebagai seorang pesepak bola," ucap Klok.

Kepergian Marc Klok tentu menimbulkan lubang di lini tengah Persija, khususnya area gelandang serang. Seperti diketahui, tahun ini Persija sudah lebih dulu kehilangan Evan Dimas yang menyeberang ke Bhayangkara FC.

Posisi gelandang serang akan sangat krusial buat Persija. Sepeninggalan Marc Klok, pemain yang mungkin mendapatkan peran tersebut adalah Ramdani Lestaluhu, Braif Fatari, dan Raka Cahyana.

Secara kualitas tentu semuanya masih di bawah Marc Klok. Pemain naturalisasi itu meninggalkan Persija Jakarta dengan rapor 10 penampilan, sumbangan satu gol, dua assist, dan sebuah trofi Piala Menpora 2021.

2 dari 3 halaman

Butuh Sosok Pengalaman

Persija Jakarta kini berburu dengan waktu untuk menjadi pemain yang tepat pengganti Marc Klok. Posisi playmaker tentu krusial untuk tim sebesar Persija.

Apalagi pelatih Angelo Alessio merupakan sosok yang mengidolakan skema 4-3-3. Situasi itu tentu saja membutuhkan seorang gelandang kreatif untuk memaksimalkan daya serangan Persija.

Persija memiliki waktu kurang dari tiga pekan untuk bisa segera menemukan pengganti Marc Klok. Saat ini, pilihan gelandang serang kreatif di Indonesia tentu terbatas.

Pelatih Angelo Alessio tak punya banyak pilihan bila ingin mendatangkan pemain lokal berkualitas. Opsi yang paling mungkin adalah mendatangkan pemain asing yang secara kualitas tentu unggul ketimbang pemain lokal.

Masalahnya, kuota pemain asing Persija Jakarta saat ini sudah lengkap. Klub ibu kota sudah memiliki Marco Motta, Yann Motta, Rohit Chand, dan Marko Simic.

Solusi terbaik adalah melepas satu dari empat nama pemain asing tersebut. Tujuannya adalah untuk mendatangkan playmaker berkualitas sebagai motor serangan Persija.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

PT LIB Akan Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021

Video Populer

Foto Populer