Sukses


Pesona Pratama Arhan yang Membuatnya Layak Menjajal Sepak Bola di Korea Selatan

Bola.com, Semarang - Pratama Arhan, nama baru di kancah si kulit bundar Tanah Air, kabarnya dilirik oleh tim asal Korea Selatan. Bek kiri PSIS Semarang itu mencuat berkat aksi impresifnya pada Piala Menpora 2021.

Sudah mulai banyak pesepak bola Indonesia yang mengepakkan sayapnya ke luar negeri. Sejumlah pemain dengan usia masih muda, meniti karier di negara lain yang memiliki kualitas kompetisi lebih baik.

Sebut saja, di Liga Malaysia ada Ryuji Utomo bersama Penang FA, Saddil Ramdani (Sabah FA), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim). Yanto Basna dan Todd Rivaldo Ferre di Liga Thailand. Kemudian Asnawi Mangkualam di Liga Korea Selatan bersama Ansan Greeners.

Tak sampai di situ, beberapa pemain juga menjelajahi Eropa seperti Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk/Polandia), Witan Sulaeman (Radnick Surdulica/Serbia), Byrlian Aldama (HNK Rijeka/Kroasia), atau Bagus Kahfi (FC Utrecht/Belanda), dan banyak pemain lainnya yang menyusul.

Baru-baru ini, wonderkid PSIS Semarang, nama Pratama Arhan Alif ikut meramaikan kabar hangat ketertarikan klub luar negeri. Klub Korea Selatan, Seongnam FC kabarnya tertarik memboyong bek kiri berusia 19 tahun tersebut dari tim Mahesa Jenar.

Beredar di dunia maya, bahwa pemain asal Kabupaten Blora tersebut dikait-kaitkan dengan Seongnam FC. Tak lepas dari kiprahnya yang menawan sepanjang tahun ini. Arhan memang sedang naik daun, baik bersama klubnya maupun Timnas Indonesia.

Ketertarikan Seongnam FC atau klub luar negeri lainnya terhadap Pratama Arhan menjadi hal yang lumrah. Lantaran sang pemain sedang menjalani tahun yang cukup hebat di 2021 ini. Ia menandai debut di tim senior PSIS pada ajang Piala Menpora 2021 medio Maret-April lalu.

Dengan berhasil membawa PSIS melaku ke babak delapan besar, mencatatkan dua gol, dan terpilih sebagai pemain muda terbaik di turnamen. Sementara di level Timnas, ia menjadi andalan oleh Shin Tae-yong sejak di kelompok usia 19 tahun, dan kini menembus level tim senior.

Pratama Arhan selalu menjadi pilihan pertama dalam tiga pertandingan tersisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai beberapa waktu lalu. Ia bermain penuh untuk pos bek kiri melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

 

2 dari 4 halaman

Bakat Terpendam

Pemain berusia 19 tahun tersebut sangat piawai dalam beroperasi di sektor sayap kiri permainan. Baik di klub PSIS maupun Timnas Indonesia, Arhan selalu menempati sektor sayap karena kemampuan kaki kirinya.

Seperti dalam penampilannya bersama PSIS, meski berposisi asli sebagai bek kiri, oleh pelatih Dragan Djukanovic ditempatkan sedikit lebih ofensif yakni sebagai gelandang sayap. Ia punya kecepatan, skill mumpuni, akurasi tendangan, penuh determinasi, hingga penyelesaian akhir yang baik.

Kiprahnya di Piala Menpora lalu sudah menjadi bukti potensi besar seorang Pratama Arhan. Seringkali ia memaksa lawan harus bekerja ekstra untuk mengawalnya, karena umpan silang dan tendangannya sangat berbahaya. Khusunya gerakan Arhan yang licin dan sulit dihentikan.

Tidak hanya saat play-on atau bola hidup, Pratama Arhan juga menjadi eksekutor andalan PSIS selain Fandi Eko Utomo. Satu di antara golnya dicatat melalui tendangan bebas cantik dari sudut sempit ke gawang Arema FC di fase grup Piala Menpora.

Ia tak hanya piawai sebagai bek kiri karena kecepatan dan kelincahan yang dimiliki. Tetapi juga kemampuan melakukan lemparan ke dalam yang terkenal jauh. Bahkan beberapa assist-nya hasil lemparan bola ke pemain lain menjadi peluang tersendiri.

Arhan mengoleksi dua gol sepanjang penampilannya di Piala Menpora. Atas performanya, ia dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Menpora 2021 dan kembali mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia.

Penampilan untuk PSIS di Piala Menpora cukup membuatnya menjadi pusat perhatian. Sekaligus membuat banyak klub mengincarnya. Hanya saja, Pratama Arhan memiliki kontrak cukup lama di PSIS, yakni hingga 2023.

Namun melihat torehan yang ia lakukan di klub maupun Timnas, Arhan layak menjajal potensinya seperti yang dilakukan oleh Asnawi Mangkualam bersama klub Ansan Greeners. Jika Ansan Greeners punya bek kanan kuat seperti Asnawi Mangkualam, akan sangat menarik Arhan ikut menyusul sebagai bek kiri andalan Indonesia di Seongnam FC.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan Klub

Di sisi lain, manajemen PSIS angkat bicara terkait isu Pratama Arhan yang diminati oleh klub asal Korea Selatan seperti yang lagi ramai diperbincangkan. CEO PSIS, Yoyok Sukawi, siap mendukung penuh apabila Arhan memang diminati oleh klub luar negeri.

Hanya saja pihak PSIS masih belum mendapatkan tawaran secara resmi dari klub yang dikabarkan berminat pada Arhan. PSIS sebagai klub yang mengontrak Pratama Arhan belum mendapatkan tawaran secara resmi dari pihak mana pun.

Menurut Yoyok Sukawi, sebetulnya tak hanya klub asal Korsel yang ingin menggunakan jasa pemain asal Pratama Arhan.

"Tentu kami mendukung kalau memang ada klub luar negeri yang meminati Pratama Arhan. Seperti sekarang ini entah isunya dari mana, Arhan dikaitkan dengan klub asal Korea Selatan," tuturnya belum lama ini.

"Klub luar negeri yang minat dengan Arhan ini banyak, dari Eropa dan Asia juga ada. Namun kami akan hati-hati menjaga asetnya dan akan melakukan langkah profesional kalau memang benar-benar ada yang serius dengan Arhan," tegas Yoyok Sukawi.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer