Sukses


Liga 1: Meninggalkan Persija dan Gabung Persib, Marc Klok Singgung Zlatan Ibrahimovic dan Luis Figo

Bola.com, Jakarta - Meninggalkan Persija Jakarta dan kemudian memutuskan bergabung bersama Persib Bandung membuat Marc Klok menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Namun, pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu menegaskan bahwa hal tersebut adalah wajar, seperti yang juga dilakukan bintang-bintang sepak bola dunia.

Marc Klok resmi berseragam Persib Bandung pada musim ini. Pemain terbaik Piala Menpora 2021 itu bergabung bersama Persib setelah beberapa hari sebelumnya memutuskan untuk mengakhiri kerja samanya dengan Persija Jakarta.

Rivalitas suporter kedua tim tentu membuat kepindahan Marc Klok ini menjadi sorotan. Namanya pun ramai diperbincangkan dan menjadi topik panas di media sosial, terutama di kalangan suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Namun, Marc Klok memlih santai menanggapi respons besar di kalangan suporter terkait kepindahannya itu. Pemain yang mengawali karier di Indonesia bersama PSM Makassar itu menegaskan bahwa kepindahan pemain di antara dua klub yang memiliki rivalitas tinggi sudah biasa terjadi, termasuk di kompetisi Eropa.

"Saya tahu rivalitas dalam sepak bola adalah sebuah isu yang besar. Namun, menurut saya itu adalah bagian dari keindahan sepak bola. Saya hanya harus memilih yang terbaik bagi saya, di mana pasti ada saja yang tidak menyukainya," ujar Marc Klok seperti dilansir dari Youtube Asumsi.

"Dalam sejarah, situasi seperti ini biasa terjadi dalam sepak bola. Ibrahimovic pindah dari AC Milan ke Inter Milan. Luis Figo dari Barcelona pindah ke Real Madrid. Ibrahimovic kemudian kembali lagi ke AC Milan. Jadi kenapa itu tidak mungkin?" tanya Marc Klok.

2 dari 3 halaman

Ingin Menciptakan Legacy untuk Sepak Bola Indonesia

Terlepas dari sorotan terhadap kepindahannya ke Persib itu, Marc Klok hanya ingin bisa menampilkan permainan terbaiknya bersama klub yang mau menghargai dan menjaga komitmen yang sudah disepakati dengannya. Bahkan ia ingin mengerahkan yang terbaik agar bisa meninggalkan warisan nyata bagi sepak bola Indonesia, terutama karena dirinya sudah menjadi warga negara Indonesia.

"Saya ingin membuat sesuatu untuk negara ini. Saya ingin memberikan kontribusi dan dampak baik, sehingga orang-orang tahu apa yang dilakukan Marc Klok untuk negara ini dan untuk sepa kbola di sini. Itu adalah keinginan saya, itu misi saya," ujar Klok.

"Bersama klub baru ini, saya berharap bisa menciptakan sebuah legacy. Itu alasan saya menyetujui kontrak 4 sampai 5 tahun, sebuah rencana jangka panjang. Semua orang tahu tidak mudah untuk pindah kewarganegaraan. Artinya saya membuat sebuah komitmen untuk negara ini karena saya mencintainya," tegas pemain kelahiran Belanda itu.

Sumber: Youtube Asumsi

3 dari 3 halaman

Video

3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer