VIDEO: Pengalaman Berharga Firza Andika Saat Berkarier di Luar Negeri

VIDEO: Pengalaman Berharga Firza Andika Saat Berkarier di Luar Negeri

Pemain Timnas Indonesia, Firza Andika berikan cerita pengalama saat ia memulai karier di luar negeri. Pemain berusia 22 tahun tersebut memang memiliki pengalaman bermain di Eropa.

Ia pernah berseragam klub AFC Tubize, yang merupakan klub liga dua dari Belgia. Pengalamannya bermain di luar negeri juga merupakan salah satu pengalaman yang tidak akan ia lupakan.

Menurutnya, ia sedikit terlambat untuk memulai karier di luar negeri. Tidak hanya itu, ia juga sempat terkejut dengan metode pelatihan di sana.

"Disana saya mendapat banyak pelajaran yang mungkin saya terlambat untuk masuk ke zona luar negeri. Ketika saya masuk ke zona luar negeri, saya merasa mengulang dari nol lagi." Ujarnya kepada Bola.com.

Ia juga sempat menyesal karena baru mendapatkan kesempatan untuk bermain di luar negeri ketika usianya sudah dewasa.

"Saya sangat menyesal kenapa baru sekarang ini saya mendapat kesempatan (ke luar negeri) kenapa tidak dari dulu saya mendapat kesempatan." Ujar Firza.

Mengawali karier sepak bolanya di akademi Semen Padang, ia berhasil tumbuh dengan baik di sana. Ia lalu mendapat pinangan dari PSMS Medang sebelum akhirnya terbang ke Belgia, dan bermain bersama AFC Tubize pada tahun 2019.

Kini, Firza Andika menyadari jika pengalamannya bermain di luar negeri, menjadikan motivasi sendiri bagi dirinya untuk menjadi sepak bola profesional.

Ringkasan

Oleh Abdul Aziz pada 15 July 2021, 21:27 WIB

Video Terkait

Spotlights