Sukses


5 Pemain Papua yang Bakal Bersinar di Perantauan: Punya Kualitas Bukan Kaleng-kaleng

Bola.com, Jakarta - Pemain asal Papua tak bisa dipisahkan dari sejarah sepak bola Indonesia. Sedari dulu sampai saat ini, banyak pemain Papua yang punya kualitas mumpuni dan tersebar di klub-klub Indonesia.

Pemain Papua biasanya dibekali dengan kemampuan fisik yang tangguh. Kualitas alamiah itu didapat karena kondisi alam Papua yang cenderung berbukit-bukit.

Wajar bila pemain Papua punya fisik yang tangguh dan stamina bagus. Kondisi itulah yang membuat banyak pemain Papua merintis karier sebagai pesepak bola.

Tujuan awalnya adalah agar bisa membela klub kebanggaan tanah kelahiran, Persipura Jayapura. Namun, belakangan banyak pemain Papua yang justru sukses dan tersohor di perantauan.

Banyak klub-klub Indonesia yang kepincut menggunakan jasa pemain Papua. Sehingga saat ini mudah sekali untuk menemukan pemain Papua di klub-klub perantauan.

Bola.com mencatat, ada lima pemain Papua yang berpotensi bersinar dalam perantauan. Berikut ini lima pemain Papua yang berpeluang tampil gemilang di tanah perantauan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Yakob Sayuri

Yakob Sayuri masih membela PSM Makassar pada Liga 1 2021/2022. Pemain berusia 23 tahun itu merupakan pemain yang berperan di sektor sayap kanan.

Senjata utamanya adalah kecepatan berlari yang siap merepotkan lini pertahanan lawan. Yakob Sayuri juga punya kemampuan dalam melakukan tusukan dan tembakan yang akurat.

Pada Piala Menpora 2021, Yakob Sayuri tampil mengesankan bersama PSM Makassar. Pemain asal Kepulauan Yapen, Papua itu, berhasil mencetak dua gol dan dua assist dalam tujuh laga yang dimainkannya.

3 dari 6 halaman

2. Ruben Sanadi

Ruben Sanadi masih berseragam Bhayangkara Solo FC pada Liga 1 2021/2022. Ini menjadi musim kedua bagi Ruben Sanadi membela klub berjulukan The Guardians itu.

Sejauh ini, Ruben Sanadi sudah tampil sebanyak lima kali untuk Bhayangkara Solo FC di semua ajang. Pemain asal Biak, Papua, itu menjelma menjadi bek kiri tangguh yang tak tergantikan.

Ruben Sanadi punya kemampuan dalam kecepatan berlari. Pemain berusia 34 tahun itu juga bisa diandalkan dalam membangun serangan dari lini belakang.

4 dari 6 halaman

3. David Laly

David Laly masih akan berseragam Madura United pada Liga 1 2021/2022. Musim ini menjadi kesempatan buat David Laly unjuk gigi.

Pemain asal Wamena, Papua itu dikenal sebagai gelandang sayap yang lincah. David Laly punya kualitas dari segi kecepatan berlari.

Ini menjadi musim ketiga bagi David Laly bersama Madura United. Sejauh ini, David Laly sudah mengemas 31 penampilan dan sukses mencetak dua gol.

5 dari 6 halaman

4. Yanto Basna

Yanto Basna akan melanjutkan kariernya di PT Prachuap FC. Hal itu terjadi setelah Yanto Basna memperpanjang kontraknya bersama klub Thailand tersebut.

Ini akan menjadi musim kedua buat Yanto Basna bersama PT Prachuap. Musim lalu, Yanto Basna berhasil tampil sebanyak 19 kali dan mencetak satu gol.

Sayangnya, Yanto Basna hanya mampu membantu klubnya finis di peringkat ke-10. Meski demikian, PT Prachuap puas dengan kinerja Yanto Basna di lini belakang.

6 dari 6 halaman

5. Boaz Solossa

Musim ini akan terasa spesial buat Boaz Solossa. Untuk pertama kalinya, Boaz akan bermain di Liga Indonesia tanpa seragam Persipura Jayapura.

Boaz Solossa kali ini akan membela Borneo FC. Keputusan itu diambil setelah Boaz didepak Persipura Jayapura karena masalah indisipliner.

Meski demikian, Borneo FC tentu bukan klub asing buat Boaz Solossa. Pemain berusia 35 tahun itu pernah dua periode membela Borneo FC pada Piala Presiden 2015 dan 2017.

Half Time Show: Timnas Indonesia Itu Oke, Tapi...

Video Populer

Foto Populer