Sukses


Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala AFC Putri U-17 2022, Ini Pernyataan Resmi PSSI

Bola.com, Jakarta - AFC resmi membatalkan Piala AFC Putri U-17 2022 yang rencananya digelar di Indonesia. PSSI bersikap dengan keputusan Konfederasi Sepak Bola Asia itu.

Selain Piala AFC Putri U-17 2022, AFC juga meniadakan Piala AFC Putri U-20 2022 di Uzbekistan karena pandemi COVID-19.

"Exco AFC menyadari pentingnya mengedepankan kesehatan dan keselamatan seluruh pemangku kepentingan, terutama pemain muda, di tengah situasi dan tantangan yang tidak menentu akibat pandemi COVID-19," tulis AFC dalam suratnya kepada PSSI pada awal Juli 2021.

Sebagai kompensasinya, Indonesia tetap akan menjadi tuan rumah Piala AFC Putri U-17 dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala AFC Putri U-20 pada 2024.

Selain itu, status Indonesia sebagai tuan rumah Grup C Kualifikasi Piala Asia Putri 2022 dicabut oleh AFC berdasarkan surat pada 19 Juli 2021 lantaran pandemi COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Sikap PSSI

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan memaklumi kebijakan AFC tersebut. Pihaknya memahami situasi pandemi yang masih tinggi di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

"Kami menghormati keputusan AFC. Tentu dengan ini tim pelatih akan mengubah program latihan bagi Timnas Indonesia Putri. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Endri Erawan dinukil dari laman PSSI.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi juga tidak kecewa dengan keputusan AFC membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Grup G Kualifikasi Piala Asia Putri 2022.

"Melihat situasi COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi membuat AFC membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Grup C Kualifikasi Piala Asia Putri 2022," imbuh Yunus Nusi.

"Terkait ini, kami menghormati dan tidak ada masalah dengan keputusan AFC. PSSI akan mempersiapkan Timnas Indonesia Putri dengan maksimal agar dapat lolos ke putaran final Piala Asia Putri 2022," tutur Yunus Nusi.

Video Populer

Foto Populer