Sukses


Hilton Moriera dan Impian Kembali Berkarier di Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Persib Bandung asal Brasil, Hilton Moreira, berharap bisa kembali berkarier di Indonesia. Namun, keinginan itu tentu bukan sebagai pemain lagi, tetapi sebagai pelatih, asisten pelatih atau pelatih fisik.

Hilton Moreira mengaku sedang menempuh pendidikan di salah satu universitas olahraga di negaranya, Brasil demi memuluskan karirnya ke depan.

"Sekarang di Brasil saya sedang kuliah di salah satu universitas olahraga, saya mau siapkan buat masa depan saya, saya juga sedang mengambil lisensi kepelatihan di sini," jelas Hilton saat dihubungi awal media, Minggu (25/7/2021).

Hilton mengatakan mengambil lisensi pelatih di Brasil tidak mudah dan membutuhkan biaya cukup mahal. Selain itu membutuhkan proses yang cukup lama yakni sekitar dua tahun untuk mendapat semua lisensi.

"Proses kuliah olahraga di Brasil juga harus empat tahun. Saya sudah satu tahun lebih kuliah, ini tahun kedua. Jadi nanti kalau sudah lulus kuliah saya bisa kerja sebagai pelatih fisik, dan nanti saya akan ambil lisensi pelatih fisik," kata Hilton Moreira.

"Tapi saya juga mau ambil lisensi pelatih karena saya mau balik ke Indonesia juga sebagai tim pelatih. Mungkin bisa jadi pelatih fisik, asisten pelatih, atau mungkin pelatih, tapi saya yakin saya masih bisa balik lagi ke Indonesia," tambah Hilton optimistis.

Selain kuliah, eks striker yang pernah membela Persib Bandung pada musim 2008-2011 ini mengaku juga bekerja dan bisnis barber shop yang langsung dikelola istrinya.

"Ya, setelah kuliah saya kerja juga karena perlu uang untuk biaya hidup, saya juga punya bisnis sendiri yang dikelola istri seperti barber shop tapi khusus pria karena dia (istri) tidak suka potong rambut perempuan," seloroh Hilton Moreira.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Imbas Pandemi Covid-19

Di tengah masa pandemi ini, Hilton yang mengawali kariernya di Indonesia pada 2005 bersama Deltras Sidoarjo, mengaku pekerjaannya sempat terganggu lantaran beberapa bulan Brasil menerapkan lockdown.

"Pandemi ini memang tidak bagus. Akibat virus corona itu, beberapa bulan di Brasil di-lockdown dan semua tertutup, tidak bisa kerja mungkin selama dua bulan. Yang jelas kalau kasus Covid-19 naik, sudah pasti harus ditutup semua, jadi tidak bagus. Tapi lumayan masih bisa cari uang," ujar Hilton.

Sosok Hilton Moreira memang sudah tidak asing lagi di persepakbolaan Indonesia. Usai membela Deltras Sidoarjo, Hilton diboyong Jaya Hartono ke Persib Bandung.

Kehadiran Hilton di Persib sangat disambut hangat bobotoh. Terlebih, ia menjadi salah satu striker yang cukup diandalkan Persib saat itu, bahkan Hilton meraih rekor sebagai pemain asing yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim di Liga Indonesia bersama Persib.

Dalam penampilanya bersama Persib, striker kelahiran Brasil, 27 Februari 1981 ini telah mengoleksi 28 gol. Ia sempat juga memperkuat Sriwijaya FC dan berakhir di Persipura Jayapura (2013-2016).

Video Populer

Foto Populer