Sukses


Kabar Duka, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Ivan Toplak Meninggal Dunia

Bola.com, Maribor - Kabar duka datang untuk Timnas Indonesia. Mantan pelatih Timnas, Ivan Toplak, meninggal dunia pada Senin (26/7/2021).

Menurut laporan Dnevnik, Ivan Toplak meninggal dunia di Maribor, Slovenia, pada usia 90 tahun. Ivan Toplak merupakan pelatih Timnas Indonesia rentang 1991-1993.

Nama Ivan Toplak sangat tersohor di negaranya, Serbia. Sebelum menjadi pelatih, Ivan Toplak dikenal sebagai legenda Red Star Belgrade.

Ivan Toplak sukses mencetak 48 gol dalam 92 penampilan bersama Red Star Belgrade rentang 1954-1961. Ivan Toplak ketika itu juga turut tujuh gelar untuk Red Star Belgrade.

Ivan Toplak memulai kariernya sebagai pelatih di Red Star Belgrade pada 1964. Ivan Toplak juga sempat menukangi Timnas Yugoslavia senior hingga kelompok umur.

Pada 1991, Ivan Toplak memulai lompatan kariernya dengan berkarier sebagai pelatih Timnas Indonesia. Keputusan yang cukup mengejutkan untuk seorang pelatih kelas dunia ketika itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Pensiun di Timnas Indonesia

Ivan Toplak ketika itu mendapatkan kontrak bernilai Rp300 juta dari PSSI pada 1991 untuk menukangi Timnas Indonesia. Bayaran yang sangat mahal untuk zamannya.

Toplak dibebani target berat yakni membantu Timnas Indonesia juara SEA Games 1993 dan lolos ke Piala Dunia 1994 serta Olimpiade Atalanta 1994.

Sayang, semua target yang dibebani meleset. Timnas Indonesia tercatat sebagai tim terakhir yang dilatih Ivan Toplak.

Video Populer

Foto Populer