Sukses


3 Asisten Mundur, Shin Tae-yong Sudah Ditinggalkan 4 Tangan Kanannya di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sudah empat asisten pelatih Shin Tae-yong yang mundur dari Timnas Indonesia. Gong Oh-kyun menjadi tangan kanan pertamanya yang menarik diri pada Desember tahun lalu. Sekarang, giliran Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong.

PSSI mengabarkan bahwa Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong telah resmi mengundurkan diri dalam staf kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Sebelum mundur, Kim Hae-woon adalah pelatih kiper, Kim Woo-jae pelatih teknik, dan Lee Jae-hong pelatih fisik untuk Timnas Indonesia.

"Mereka mengungkapkan ada persoalan pribadi. Saya kira Shin Tae-yong yang paling tahu dengan alasan mereka mundur," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Terkait pengganti mereka. PSSI tidak akan memilih sembarangan asisten pelatih Timnas Indonesia. Penggantinya harus sesuai standar yang ditetapkan dan pengalaman tentunya," jelas Yunus Nusi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Gong Oh-kyun Lebih Dulu Mundur

Ketika baru ditunjuk sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong membawa Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong, dan Gong Oh-kyun sebagai tangan kanannya.

Gong Oh-kyun menjadi asisten pertama Shin Tae-yong yang mundur pada Desember 2020. Kala itu, PSSI mengklaim tidak mengetahui alasan pria berusia 46 tahun tersebut mmeninggalkan Timnas Indonesia.

Pengganti Gong Oh-kyun baru ditetapkan oleh PSSI pada Mei 2021 dengan menunjuk Choi In-cheul.

"Kami sebelumnya telah memilih Choi In-cheul sebagai pengganti Gong Oh-kyun berdasarkan rekomendasi dari Shin Tae-yong," imbuh Yunus Nusi.

3 dari 4 halaman

Hubungan Shin Tae-yong dengan 3 Asistennya Retak?

PSSI melaporkan bahwa Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong tidak melampirkan alasan spesifik terkait pengunduran diri dari Timnas Indonesia. Ketiganya disebutkan mundur karena pertimbangan "personal".

PSSI akan bertanya langsung kepada Shin Tae-yong terkait pengunduran diri Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong ketika sang pelatih tiba di Indonesia pada pertengahan Agustus 2021.

Dalam narasinya, PSSI mengklaim bahwa terjadi keretakan hubungan antara Shin Tae-yong dengan tiga asistennya yang mundur sehingga menjadi "tidak akur".

"PSSI juga akan menanyakan langsung soal mundurnya tiga asisten pelatih itu kepada Shin Tae-yong setelah kembali ke Jakarta," tulis PSSI.

"Ini penting untuk mencari tahu duduk persoalan antara Shin Tae-yong dan para asistennya kenapa tidak bisa akur," lanjut narasi dalam pemberitaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Daftar Asisten Shin Tae-yong dari Korea Selatan yang Mundur

Asisten Shin Tae-yong dari Korea Selatan pada Desember 2019

Asisten Pelatih: Gong Oh-kyun

Asisten Pelatih: Kim Woo-jae

Pelatih Kiper: Kim Hae-woon

Pelatih Fisik: Lee Jae-hong

Asisten Shin Tae-yong dari Korea Selatan pada Mei 2021

Asisten Pelatih: Choi In-cheul

Asisten Pelatih: Kim Woo-jae

Pelatih Kiper: Kim Hae-woon

Pelatih Fisik: Lee Jae-hong

Asisten Shin Tae-yong dari Korea Selatan pada Agustus 2021

Asisten Pelatih: Choi In-cheul

Asisten Pelatih: -

Pelatih Kiper: -

Pelatih Fisik: -

Video Populer

Foto Populer