Sukses


PSSI Pastikan 3 Pengganti Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Bukan Orang yang Sembarangan

Bola.com, Jakarta - PSSI memastikan pengganti tiga asisten Shin Tae-yong yang mundur di Timnas Indonesia bukan orang yang sembarangan. Kandidat harus punya rekam jejak dan kompetensi yang sesuai standar.

Shin Tae-yong baru saja ditinggalkan oleh tiga asistennya di Timnas Indonesia yang berasal dari Korea Selatan. Ketiganya adalah Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong.

Sebelumnya, Kim Hae-woon adalah pelatih kiper, Kim Woo-jae menjadi pelatih teknik, dan Lee Jae-hong merupakan pelatih fisik untuk Timnas Indonesia.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan telah melapor kepada Ketua PSSI, Mochamad Iriawan terkait pengunduran diri tiga asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Yunus Nusi menjelaskan, pihaknya akan membahas persoalan ini di tingkat Komite Eksekutif (Exco) PSSI sebelum mencari asisten baru untuk Shin Tae-yong.

"Terkait pengganti mereka, PSSI tidak akan memilih sembarangan asisten pelatih," kata Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

"Pengganti ketiganya harus mempunyai kemampuan sesuai standar yang diterapkan dan memiliki pengalaman tentunya," jelas Yunus Nusi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Tidak Akur dengan Shin Tae-yong

PSSI telah menerima surat pengunduran diri dari Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong pada akhir pekan lalu. Ketiganya mundur dengan alasan yang disebut sebagai personal.

PSSI berencana bertanya langsung kepada Shin Tae-yong terkait penyebab mundurnya Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong dan hubungannya yang tidak akur dengan ketiga mantan tangan kanannya tersebut.

"PSSI juga akan menanyakan langsung soal mundurnya tiga asisten pelatih itu kepada Shin Tae-yong setelah kembali ke Jakarta," tulis PSSI dalam pemberitaannya.

"Ini penting untuk mencari tahu duduk persoalan antara Shin Tae-yong dan para asistennya kenapa tidak bisa akur," lanjut narasi tersebut.

Saat ini, Shin Tae-yong masih berada di Korea Selatan. Arsitek berusia 52 tahun terpaksa bertahan lebih lama di kampung halamannya sebab harus karantina mandiri buntut kontak dengan kasus COVID-19. PSSI memintanya kembali ke Indonesia pada pertengahan Agustus 2021.

3 dari 5 halaman

Calon Asisten Baru Shin Tae-yong

Beredar dua nama sebagai kandidat asisten baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Keduanya adalah Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic.

Rumor Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic bersumber dari akun Instagram @kleague_indonesiafans. Akun tersebut melaporkan bahwa keduanya menjadi calon tangan kanan yang baru bagi Shin Tae-yong.

Akun @kleague_indonesiafans telah mengizinkan Bola.com untuk mengutip unggahannya di Instagram. Khusus Dzenan Radoncic, akun itu menjelaskan mendapatkan informasi ini secara langsung dari yang bersangkutan.

4 dari 5 halaman

Dzenan Radoncic

Dzenan Radoncic kemungkinan akan menggantikan Kim Woo-jae sebagai pelatih teknik. Pria asal Montenegro itu pernah menjadi anak buah Shin Tae-yong pada 2009-2011 ketika masih melatih Seongnam Ilhwa Chunma.

Dzenan Radoncic sembilan tahun berkarier di Korea Selatan. Selain Seongnam, mantan pemain berusia 38 tahun ini pernah membela Incheon United pada 2004-2008 dan Suwon Bluewings pada 2012-2013.

Dzenan Radoncic disebutkan akun @kleague_indonesiafans fasih berbahasa Korea Selatan sehingga akan memudahkan komunikasinya dengan Shin Tae-yong.

Dzenan Radoncic gantung sepatu pada 2015 di klub kampung halamannya, Mornar.

5 dari 5 halaman

Kim Bong-soo

Sementara Kim Bong-soo, berpeluang diproyeksikan sebagai penerus Kim Hae-woon sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia.

Kim Bong-soo adalah pelatih kiper yang berpengalaman di Negeri Ginseng. Pria berusia 50 tahun itu pernah bekerja untuk Timnas Korea Selatan U-23 pada 2010-2012, Korea Selatan senior pada 2013-2015, dan Suwon Samsung Bluewings pada 2019-2020.

Asisten pelatih Shin Tae-yong asal Indonesia, Nova Arianto tidak menampik maupun membenarkan kabar Dzenan Radoncic dan Kim Bong-soo bakal menjadi partner barunya di Timnas Indonesia.

"Ditunggu saja beritanya nanti ya," kata Nova kepada Bola.com, Selasa (10/8/2021).

Video Populer

Foto Populer