Sukses


Sudah Ditunggu Timnas Indonesia, Ini Tanggal Kembalinya Shin Tae-yong

Bola.com, Seoul - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat setelah hampir dua bulan pulang kampung ke Korea Selatan.

Kepada media Korea Selatan, Yonhap, Shin Tae-yong menyatakan bakal pergi ke Indonesia antara 18 atau 19 Agustus 2021.

"Pelatih Shin Tae-yong mengatakan dia akan kembali ke Jakarta sekitar 18 atau 19 Agustus 2021," tulis Yonhap.

Shin Tae-yong telah berada di Negeri Ginseng sejak akhir Juni 2021. Arsitek berusia 51 tahun itu mudik dengan alasan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada akhir Juli 2021. Namun, mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini menunda kepulangannya karena masih membutuhkan waktu untuk berobat.

Kepulangan Shin Tae-yong ke Indonesia kemudian diundur hingga 9 Agustus 2021. Belakangan, pelatih berkarismatik itu kembali mengubah jadwalnya menjadi pertengahan Agustus 2021 karena harus dikarantina akibat kontak erat dengan kasus positif COVID-19 di Korea Selatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Ditinggalkan 3 Asistennya

Ketika berada di Korea Selatan, Shin Tae-yong ditinggalkan tiga asistennya di Timnas Indonesia. Ketiganya adalah Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong.

Shin Tae-yong telah ditemani ketiganya sejak pertama kali menangani Timnas Indonesia pada Desember 2019. Kim Hae-woon adalah pelatih kiper, sementara Kim Woo-jae menjadi pelatih teknik, sedangkan Lee Jae-hong berperan sebagai pelatih fisik.

"Mereka mengeluhkan efek samping dari virus corona," kata Shin Tae-yong soal tiga asistennya yang mundur itu. "Kami sedang dalam proses pemilihan asisten yang baru," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Sempat Positif COVID-19

Pada Maret 2021, Shin Tae-yong beserta beberapa asistennya terpapar COVID-19 ketika melatih Timnas Indonesia. Bahkan, mantan pembesut Seongnam Ilhwa Chunma itu sampai harus dilarikan ke Korea Selatan untuk mendapatkan perawatan.

"Sambil melanjutkan pemusatan latihan dan gim internal di Jakarta, mereka secara bergantian terjangkit virus corona," tulis Yonhap dalam pemberitaannya pada 20 Maret 2021.

"Dimulai dari penerjemah, Yoo Jae-hoon dan asisten Kim Hae-woon pada 5 Maret 2021. Pelatih fisik, Lee Jae-hong, dikonfirmasi positif COVID-19 pada 7 Maret 2021," lanjut narasi tersebut.

Shin Tae-yong juga menuturkan, Kim Woo-jae turut positif COVID-19 ketika berada di Indonesia.

"Lalu ada Kim Woo-jae, yang telah dinyatakan negatif saat ini. Asisten pelatih lainnya pun telah pulih dari COVID-19 dan mengonfirmasi status mereka negatif COVID-19," imbuh Shin Tae-yong kala itu.

Sumber: Yonhap

Video Populer

Foto Populer