Sukses


BRI Liga 1: Pemahaman Bertahan Makin Meningkat, Gian Zola Siap Jadi Andalan Persela

Bola.com, Lamongan - Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, sempat mengeluhkan kemampuan bertahan pemain anyarnya Gian Zola. Tetapi, pemain asal Bandung itu berhasil meningkatkan pemahamannya akan defending.

Hal tersebut diperlihatkan pemain pinjaman dari Persib Bandung itu saat laga uji coba kontra Persebaya Surabaya, Jumat (21/8/2021) sore WIB. Gian Zola dianggap mampu memainkan peran defensif yang diembannya.

Sebagai pemain nomor 10, menutup lubang pertahanan tentu bukan keahlian utama. Hanya saja, dalam skema defense counter hal itu menjadi penting.

Dia diminta menutup jalur umpan bek tengah lawan. Ini dilakukan untuk merusak proses lawan dalam membangun serangan. Alhasil, lawan terburu-buru dan mudah kehilangan bola.

"Alhamdulillah kami melihat Zola cukup bisa memainkan pera seperti apa yang kami mau, terutama di saat bertahan," jelas Iwan.

Pelatih asal Medan tersebut jelas senang dengan peningkatan anak asuhnya tersebut. Sempat ada kekhawatiran bila Zola tak bisa menyesuaikan diri dengan gaya bertahan yang diusungnya.

"Saat dia memenangkan bola, Gian Zola kuat sekali penetrasinya. Dia melakukannya dengan kecepatan," jelas Iwan.

 

2 dari 3 halaman

Jadi Pilihan Utama?

Walaupun belum sempurna, perkembangan klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut terus meningkat. Dihuni banyak pemain muda Persela Lamongan bisa jadi kuda hitam di BRI Liga 1.

Namun yang jadi kendala saat ini, kedalaman skuad Persela masih meragukan. Jika salah satu pilar tak bisa main, Persela Lamongan mungkin bakal dalam keadaan bahaya.

Perkembangan Gian Zola dalam hal bertahan tentu sangat menggembirakan. Pemain berusia 23 tahun tersebut bisa dijadikan satu di antara solusi kepergian mendadak Brian Ferreira ke PSIS Semarang.

 

3 dari 3 halaman

Janjikan Satu Tempat

Iwan Setiawan berharap sang pemain mampu mempertahankan performanya saat kompetisi. Secara tersirat, pelatih berusia 63 tahun itu menjanjikan satu tempat utama dalam formasinya.

"Zola memberikan keyakinan kepada saya. Jadi makin banyak pilihan untuk masuk ke kompetisi dan Zola adalah salah satu pilihan terbaik," tandasnya.

Video Populer

Foto Populer