Sukses


Eks Pelatih Timnas Malaysia Gantikan Kurniawan Dwi Yulianto di Sabah FC

Bola.com, Sabah - Sabah FC resmi menunjuk Ong Kim Swee sebagai pelatih anyar. Pelatih legendaris itu menggantikan posisi Kurniawan Dwi Yulianto yang dipecat pada akhir musim 2021.

Ong Kim Swee menerima pinangan Sabah FC setelah memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Pelatih berusia 50 tahun resmi akan melatih Sabah FC mulai 1 Oktober 2021.

"Sabah FC ingin mengumumkan telah mencapai kesepakatan untuk menunjuk Datuk Ong Kim Swee sebagai pelatih utama yang akan bertanggung sabar secara resmi mulai 1 Oktober 2021," bunyi pernyataan resmi Sabah FC, Minggu (12/9/2021). 

Ong Kim Swee bukan sosok yang asing buat Sabah FC. Sewaktu masih aktif bermain, Ong Kim Swee pernah membela Sabah FC rentang 1994-1998.

Presiden Persatuan Sepak Bola Sabah (SAFA), Datuk Seri Bung Moktar Radin, menyebut Ong Kim Swee adalah sosok yang tepat untuk menukangi Sabah FC. Datuk Seri Bung Moktar Radin berharap bersama Ong Kim Swee klubnya bisa bersaing di Liga Super Malaysia.

"SAFA selalu mengharapkan kehadiran Kim Swee dan kami yakin dia bisa membangun Sabah FC menjadi tim tangguh dan bisa bersaing di kompetisi sepak bola negeri ini," tegas Datuk Seri Bung Moktar Radin.

2 dari 3 halaman

Rapor Ong Kim Swee

Sabah FC merupakan klub Malaysia kedua yang akan dilatih Ong Kim Swee. Sebelumnya, Ong Kim Swee pernah menjadi juru latih Malaka FC pada 2004-2005.

Setelah itu, Ong Kim Swee lebih sering menjadi pelatih Timnas Malaysia. Pelatih kelahiran 11 Desember 1970 itu dipercaya menukangi U-22 hingga senior.

Pencapaian terbaiknya adalah mempersembahkan medali emas SEA Games 2011 untuk Timnas Malaysia U-22. Selain itu, Ong Kim Swee juga sukses menyabet medali perak pada SEA Games 2017.

3 dari 3 halaman

Tugas Berat

Tugas Ong Kim Swee di Sabah FC tentu tak akan mudah. Apalagi musim ini, Sabah FC punya penampilan yang buruk sehingga gagal bersaing di papan atas.

Manajemen tentu menerapkan target yang tinggi untuk Ong Kim Swee. Setidaknya, Ong Kim Swee bisa melewati pencapaian dari Kurniawan Dwi Yulianto.

Ong Kim Swee akan menjadi pelatih dari Saddil Ramdani yang menjadi bagian dari Sabah FC. Menarik untuk menyaksikan racikan Ong Kim Swee di Liga Super Malaysia 2022.

Video Populer

Foto Populer