Sukses


BRI Liga 1: Victor Igbonefo Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Respons Pelatih Persib

Bola.com, Bandung - Persib Bandung harus kehilangan bek naturalisasi, Victor Igbonefo. Pemain kelahiran Nigeria tersebut harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, membenarkan kabar tersebut. Igbonefo juga tidak hadir dalam sesi latihan tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Kamis (30/9/2021).

Bergabungnya Igbonefo ke Timnas Indonesia membuat dia akan absen melawan PSM Makassar pada pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (2/10/2021).

"Ya Victor sudah bergabung dengan tim nasional hari ini karena akan bertolak menuju Thailand pada tanggal 3 (Oktober). Jadi Victor dipastikan tidak bisa bermain," ujar Robert kepada wartawan.

Diakui Robert, absennya Igbonefo menjadi kerugian besar bagi Skuad Maung Bandung. Terlebih, pemain berusia 35 tahun itu kerap menjadi tumpuan tim di lini belakang Persib Bandung.

2 dari 4 halaman

Tugas Klub Membantu Tim Nasional

Posisi Victor Igbonefo sebagai bek tengah Persib Bandung tak tergantikan hingga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022. Igbonefo berduet dengan Nick Kuipers atau Achmad Jufriyanto di pusat pertahanan.

Namun, Robert Alberts tak mau mengeluh. Ia menegaskan bahwa sudah menjadi tugas bagi setiap klub untuk membantu ketika tim nasional membutuhkan pemain terbaik.

"Ini adalah situasi yang kami alami saat ini. Kami tahu itu sulit bagi semua pihak, tapi yang utama adalah tim nasional, karena sudah menjadi tugas bagi klub untuk membantu tim nasional," terang Robert Alberts.

 

3 dari 4 halaman

Harus Bentrok

Pelatih berkebangsaan Belanda ini mengatakan idealnya jadwal tim nasional tidak bentrok dengan jalannya kompetisi sehingga pemain bisa membela klubnya lebih dulu.

Namun, Robert memahami dengan situasi sepak bola Indonesia sekarang ini. Kompetisi BRI Liga 1 berjalan di tengah pandemi COVID-19. Tentunya secara regulasi berbeda dari biasanya.

"Situasi saat ini dengan sistem bubble dan ketika liga dimulai tidak ada yang benar-benar siap. Jadi kami harus menerimanya. Dan yang terpenting pemain tersebut harus fokus bersama tim nasional," tutur pelatih Persib Bandung itu.

4 dari 4 halaman

Posisi Persib Saat Ini

Video Populer

Foto Populer