Sukses


Chinese Taipei Dibantai Timnas Indonesia, Sang Pelatih Curhat: Kami Pantas Kalah

Bola.com, Buriram - Pelatih interim Timnas Chinese Taipei, Ye Xianzhong, menerima kekalahan yang dialami dari Timnas Indonesia pada Play-Off Piala Asia 2023. Menurut Ye Xianzhong, timnya pantas kalah karena banyak melakukan kesalahan yang sukses dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk mencetak gol.

Chinese Taipei gagal melaju ke babak selanjutnya setelah menyerah dengan agregat 1-5 dari Timnas Indonesia. Chinese Taipei pada leg 1 keok 1-2 dari Timnas Garuda, sedangkan pada leg 2 dibantai dengan skor 0-3.

Menurut Ye Xianzhong, timnya sudah berusaha mencetak gol pada laga leg kedua. Namun, semua peluang menjadi sia-sia karena skema penyerang yang diusung mampu dibaca oleh Timnas Indonesia.

"Para pemain sudah mendapatkan beberapa peluang sesuai dengan skema yang dilakukan pada latihan. Sayangnya, serangan itu tidak dapat dilanjutkan dan lawan juga kesalahan kami untuk mencetak gol. Ini adalah bagian dari permainan," kata pelatih Ye Xianzhong seperti dikutip situs resmi CTFA.

Meskipun kalah menyakitkan dari Timnas Indonesia, Ye Xianzhong memprediksi masa depan Chinese Taipei bakal cerah. Apalagi ada nama-nama pemain muda semisal Wu Yanshu, Liang Mengxin, Lin Mingwei, dan Cai Lijing yang dalam perjalanannya bakal lebih baik lagi.

"Akan lebih membantu mereka untuk lebih banyak pengalaman dalam kompetisi internasional. Saya berharap mereka dapat terus meningkatkan kemampuan pada masa depan," tegas Ye Xianzhong.

2 dari 3 halaman

Pot 4

Kemenangan atas Chinese Taipei membuat Timnas Indonesia berhak melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan berada di pot 4 pada undian yang akan digelar Oktober 2021.

Timnas Indonesia berada di pot 4 bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja atau Guam. Timnas Indonesia berpotensi menghadapi tim-tim yang tangguh.

Situasi ini membuat Timnas Indonesia harus terus membangun kekuatan untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023. Tugas berat diemban pelatih Shin Tae-yong ke depannya.  

3 dari 3 halaman

Punya 2 PR

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga merasa senang timnya sukses menggulung Chinese Taipei pada laga leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023, Senin (11/10/2021). Namun, Shin Tae-yong menyebut ada dua pekerjaan rumah yang masih perlu dibenahi.

"Walaupun kami sudah mencetak tiga gol, namun momen untuk mencetak gol harus lebih ditingkatkan lagi kualitasnya. Masalah pertahanan juga harus lebih stabil untuk ke depannya," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga berpesan agar para pemainnya tak cepat puas dan tetap bekerja keras. Perjuangan sesungguhnya Timnas Indonesia baru dimulai setelah lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

"Memang ini baru play-off melawan Chinese Taipei dalam dua pertandingan. Jadi, untuk kedepannya sepak bola Indonesia akan lebih baik lagi. Mohon dukungannya yang lebih lagi dari sekarang," tegas Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer