Sukses


Prediksi Barito Putera vs PSIS di BRI Liga 1: Jarak yang Membentang Tidak Menyurutkan Sengitnya Pertempuran

Bola.com, Jakarta - Pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022 akan diwarnai duel sengit antara Barito Putera melawan PSIS Semarang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (20/10/2021). Duel yang bakal berjalan sengit walau jarak poin kedua tim cukup besar.

Seperti diketahui, Barito Putera masih terbelenggu di zona bahaya dengan empat poin, jumlah yang sama dengan Persiraja Banda Aceh yang berada di dasar klasemen. Tim berjulukan Laskar Antasari sudah menelan lima kekalahan.

Kekalahan beruntun mereka alami dalam dua pertandingan terakhir. Terbaru adalah saat Barito Putera kalah dari PSS Sleman pada pekan ketujuh. Jelas merupakan situasi yang tak diinginkan oleh anak asuh Djadjang Nurdjaman.

Keadaan jauh bertolak belakang dari PSIS yang menjadi lawannya. Tim berjulukan Mahesa Jenar itu masih perkasa di papan atas, bahkan belum terkalahkan sampai saat ini dan membayangi Bhayangkara FC di urutan kedua.

Jonathan Cantillana dkk. sedang on fire berkat kemenangan yang baru saja mereka raih. PSIS Semarang menang telak 3-0 atas Persik Kediri dalam laga sebelumnya, sekaligus catatan belum terkalahkan bersama Persib Bandung.

Meski Barito Putera dan PSIS terpaut jarak perolehan poin dan posisi yang terbentang begitu besar di klasemen, pertandingan nanti bakal tetap berjalan sengit. Barito Putera jelas tak ingin terus terperosok, sementara PSIS Semarang juga tak ingin ternoda setelah torehan dalam tujuh laga pertama musim ini.

2 dari 5 halaman

Bertekad Bangkit

Barito Putera tentu sudah banyak belajar dari kekalahan pada laga sebelumnya, yakni saat dipecundangi PSS Sleman dengan skor 2-3. Padahal Barito Putera sempat unggul terlebih dahulu.

Seperti menjadi satu kelemahan bagi Barito Putera, mereka mudah lengah setiap kali mampu unggul lebih dulu. Dalam beberapa laga, Barito Putera sering melakukan kesalahan demikian.

Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman menuturkan evaluasi terus menjadi prioritas utama. Selain itu, tingkat kebugaran pemain juga jadi perhatian, mengingat jeda antarpertandingan yang cukup berdekatan.

"Persiapan kami cukup baik walau bisa dikatakan singkat. Setidaknya sudah dua kali latihan dari laga sebelumnya dan menunjukkan hasil bagus. Secara umum Barito Putera sudah siap menghadapi PSIS," terangnya dalam konferensi pers, Selasa (19/10/2021).

"Ada kemajuan untuk pemain yang sempat diragukan dan berpeluang tampil nanti. Hal yang positif untuk kekuatan tim kami," tuturnya.

Eks pelatih Persib Bandung itu juga menilai timnya memang dalam posisi yang jauh dari PSIS. Jarak perolehan poin kedua tim saat ini adalah 11 angka, namun bukan berarti Barito Putera akan menyerah begitu saja.

"Perbedaan poin yang cukup banyak dan jauh, mudah-mudahan akan melecut motivasi pemain. Saya berharap para pemain tampil all out dalam laga nanti," beber Djajang Nurjaman.

3 dari 5 halaman

Benahi Kekurangan

Sementara PSIS sedang dalam motivasi berlipat setelah deretan hasil menawan. Hanya saja, pelatih PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan menegaskan timnya perlu meningkatkan kualitas permainan terutama penyelesaian peluang, meski dalam laga sebelumnya PSIS menang telak tiga gol tanpa balas atas Persik.

Untuk itu dalam beberapa kesempatan latihan terakhir, pelatih asal Skotlandia itu memperbanyak latihan finishing dengan memanfaatkan lebar lapangan.

"Kami mencoba untuk mempertajam serangan dan penyelesaian akhir. Kami ingin menciptakan gol sebanyak mungkin dalam setiap pertandingan. Untuk itu pemain harus memanfaatkan kesempatan semaksimal mungkin," jelas Ian Gillan.

Untuk duel melawan Barito Putera, PSIS berpeluang kembali tampil dengan skuad terbaiknya. Bek Wallace Costa dan striker Hari Nur Yulianto bisa diturunkan setelah absen dalam laga sebelumnya.

Jika beberapa pilar masih absen, pihaknya tidak cemas. Banyak pemain muda di PSIS yang makin matang menunjukkan potensinya. Ian Gillan juga memberikan kesempatan kepada beberapa pemain mudanya seperti Kartika Vedhayanto dan Damas Damar.

"Walaupun mereka pemain lokal dan berusia muda, ternyata dapat menunjukkan kualitas saat berduel dengan pemain lawan bahkan asing yang punya postur lebih tinggi," ujar Ian Gillan.

"Para pemain muda perlu diberi kesempatan. Selama masih ada, saya akan memberikan kesempatan itu," tegas eks pelatih Serawak FA.

 
 
4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (Kiper); Bagas Kaffa, Dandi Maulana, Azamat Baimatov, Miftah Sani (Belakang); Luthfi Kamal, Bayu Pradana, Buyung Ismu Lessy (Tengah); Rafinha, Beni Oktovianto, Aleksandar Rakic (Depan)

PSIS Semarang (4-2-3-1): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Rio Saputro, Frendi Saputra (Belakang); Riyan Ardiansyah, Jonathan Cantillana, Reza Irfana, Brian Ferreira, Septian David Maulana (Tengah); Andreas Chrismanto Ado (Depan)

Prediksi Bola.com: 45-55

Live Indosiar

Rabu, 20 Oktober 2021

Pukul 20.30 WIB

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer