Sukses


BRI Liga 1: Kacamata Berbeda Persik dan Persela Menilai Performa Wasit

Bola.com, Magelang - Wasit menjadi perdebatan menarik setelah laga antara Persela Lamongan kontra Persik Kediri berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Laskar Joko Tingkir pada laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Senin (25/10/2021).

Caretaker Persik, Alfiat, menuding kinerja wasit Agung Setiawan dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 itu kurang bagus. Pengadil asal Jawa Tengah itu dinilai meniup peluit untuk pelanggaran yang tidak semestinya.

"Ada beberapa insiden yang biasa saja, tapi wasit sering meniup peluit tanda pelanggaran. Satu di antaranya, ketika pemain Persela jatuh bukan karena adu badan tapi dianggap pelanggaran," ujar Alfiat.

Gegara wasit pula, gelandang asing Persik, Dionatan Machado, mendapatkan kartu kuning. Sang pemain dinilai melanggar keras pemain Persela.

Padahal pemain asal Brasil itu melakukan tekel bersih tepat mengenai bola. Spontan pemain yang karib disapa Tinga itu mencak-mencak saat diganjar kartu kuning.

"Saya menilai wasit lebih memihak Persela. Saya berharap wasit lebih bagus lagi. Sebenarnya pertandingan tadi berjalan bagus," ujar Alfiat.

Penyerang sayap Persik, Hariyanto Panto, menilai hal serupa seperti Alfiat. Menurutnya, keputusan-keputusan wasit kerap merugikan timnya.

"Saya kira wasit kurang bagus. Keputusannya sering merugikan kami. Ada beberapa momen yang merusak ritme permainan kami," ucap pemain Persik Kediri itu selepas laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 itu.

2 dari 4 halaman

Iwan Setiawan Tak Sepakat

Penilaian berbeda datang dari pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan. Persela Lamongan meraih kemenangan dalam pertandingan pekan kesembilan BRI Liga 1 itu dan pelatih yang dikenal blak-blakan itu tidak merasa ada yang aneh dengan performa wasit dalam pertandingan kontra Persik di Magelang itu.

Bahkan mantan pelatih Persija Jakarta itu merasa tidak adil bagi timnya jika ada pihak-pihak yang menilai Persela meraih kemenangan karena mendapatkan bantuan dari wasit.

"Orang yang mengatakan kami dibantu wasit itu tidak fair. Saya menilai orang itu tidak tahu aturan sepak bola. Saya kira juga itu tidak mendidik," ujar Iwan Setiawan keras.

 

3 dari 4 halaman

Jadwal Tersisa Persik dan Persela di Seri Kedua BRI Liga 1

Setelah berhadapan pada pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022, Persik dan Persela akan menjalani dua duel tersisa pada seri kedua kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Persela Lamongan menyisakan duel kontra Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada 29 Oktober dan melawan Persib Bandung di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada 4 November 2021.

Sementara itu, Persik Kediri akan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, pada 30 Oktober, dan menghadapi Persiraja Banda Aceh di Stadion Moch. Soebroto, Magelang pada 6 November 2021.

4 dari 4 halaman

Posisi Persik dan Persela di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer