Sukses


Pemain yang Ngebet Bela Timnas Indonesia Jordi Amat Pernah Setim Bersama Alvaro Morata di Piala Dunia U-17

Bola.com, Eupen - Jordi Amat belakangan mulai populer di Indonesia setelah mengungkapkan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia. Ternyata, pemain asal Spanyol ini pernah bermain sama Alvaro Morata di Piala Dunia U-17 2009.

Jordi Amat mengklaim memiliki darah keturunan Indonesia. Pemain yang kini berusia 29 tahun itu mengaku punya keturunan dari neneknya yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Nenek saya harus pergi karena perang ketika berusia 10 tahun. Namun, dia kembali setiap tahun untuk melihat keluarganya," ungkap Jordi Amat beberapa waktu lalu.

Adanya darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya membuat Jordi Amat tertarik membela Timnas Indonesia. Pemain yang kini bermain untuk klub Belgia, Eupen, berharap bisa mendapatkan panggilan dari PSSI atau pelatih Shin Tae-yong.

"Saya akan menyukai kesempatan berseragam Timnas Indonesia karena tahu ini akan menjadi pengalaman luar biasa. Saya menunggu untuk melihat bagaimana momen ini bisa terwujud. Namun, saya tidak tahu apakah niat ini sudah sampai ke PSSI," ucap Jordi Amat.

Nama Jordi Amat memang masih asing di Indonesia. Namun, jejak kariernya mencatat Jordi Amat pernah membela klub Spanyol di kasta tertinggi semisal Espanyol, Rayo Vallecano, hingga Real Betis. Jordi Amat bahkan pernah bermain di Swansea City.

Catatan karier junior Jordi Amat pun mengilap bersama Timnas Spanyol kelompok umur. Jordi Amat pernah membela Timnas Spanyol U-17 dan U-21 sehingga bisa jadi pertimbangan untuk gabung Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Alvaro Morata Hingga Isco

Pencapaian gemilang Jordi Amat bersama Timnas Spanyol U-17 di Piala Dunia U-17 2009 bisa jadi pertimbangan untuk membela Timnas Indonesia. Ketika itu, Jordi Amat yang masih berusia 17 tahun dipanggil Gines Melendez.

Jordi Amat bersama Koke, Iker Munianin, Isco, Sergi Roberto, hingga Alvaro Morata tampil mengesankan bersama Timnas Spanyol U-17. Sayangnya, mereka gagal menjuarai Piala Dunia U-17 karena langkahnya terhenti di semifinal dan harus puas meraih peringkat ketiga.

Setelah itu, juga pernah membela Timnas Spanyol U-21. Jordi Amat dkk langsung laris manis dibidik klub-klub elite Spanyol.

Bahkan, bisa dikatakan rekan seangkatan Jordi Amat di skuad Timnas Spanyol U-17 pada Piala Dunia U-17 2009 sejauh ini sudah sukses membela klub elite dunia. Koke bermain di Atletico Madrid, Iker Munianin membela Athletic Bilbao, dan Isco bersama Real Madrid.

Kemudian Sergi Roberto bermain untuk Barcelona, sedangkan Alvaro Morata bermain untuk Juventus. Adapun Jordi Amat saat ini membela Eupen di Belgia.

3 dari 3 halaman

Pernah Menghadapi Messi

Jordi Amat tercatat pernah menghadapi sederet pemain elite dunia. Jordi Amat pernah menjadi lawan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi ketika masih berkarier di Spanyol.

Adapun ketika memutuskan hijrah ke Swansea City, Jordi Amat pernah menghadapi Sergio Aguero, Harry Kane, hingga Wayne Rooney. Pengalaman segudang ini tentu bisa jadi pertimbangan PSSI untuk menaturalisasinya ke Timnas Indonesia.

Meskipun demikian, Jordi Amat tentu harus membuktikan kualitasnya layak untuk dijadikan Warga Negara Indonesia (WNI). Menarik untuk menunggu kelanjutkan masa depan Jordi Amat.

Video Populer

Foto Populer