Sukses


Pamit dari Penang FC, Ryuji Utomo Siap Bela Persija pada Seri Ketiga BRI Liga 1

Bola.com, Penang - Ryuji Utomo mengucapkan salam perpisahan kepada Penang FC. Ini menjadi sinyal jika pemain berusia 26 tahun itu bisa memperkuat Persija Jakarta pada seri ketiga BRI Liga 1 2021/2022.

Ungkapan perpisahan yang dilakukan Ryuji Utomo dilakukan seiring berakhirnya masa pinjaman dengan Penang FC. Ryuji tampil mengesankan bersama Penang dan sukses membantu timnya finis posisi tiga besar.

Namun, penampilan apik Penang FC musim ini tak lengkap karena hanya sampai babak penyisihan di Piala Malaysia 2021. Meski demikian, Ryuji mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Penang dan menyebut klub tersebut bakal mendapatkan tempat khusus dihatinya.

"Penangties, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Anda yang datang terus sepanjang musim ini. Pengalaman yang luar biasa dengan Penang FC dan saya bangga menjadi bagian dari keluarga ini," tulis Ryuji Utomo di akun Instagram-nya.

"Kami memulai musim sebagai tim promosi dan menyelesaikannya dengan kuat di posisi tiga besar Liga Super Malaysia. Penang akan selalu memiliki tempat khusus di hati kami. Sampai jumpa lagi, HARIA PENANG HARIA," ujar Ryuji sembari mengunggah foto bersama istri dan anaknya sedang menatap Menara Kembar Petronas.

Ryuji Utomo berpeluang kembali ke Persija Jakarta. Namun, Persija harus menunggu sampai bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 2021/2022 dibuka untuk memainkan Ryuji.

2 dari 3 halaman

Dibidik Klub Korsel Hingga Jepang

Persija Jakarta mendapatkan ujian untuk memulangkan Ryuji Utomo dari masa pinjaman. Ryuji kabarnya saat ini masuk daftar buruan klub Jepang hingga Korea Selatan.

Ketertarikan klub Jepang dan Korea Selatan pada Ryuji Utomo dikonfirmasi langsung oleh sang agen, Gabriel Budi. Menurut Gabriel, ketertarikan itu datang setelah Ryuji Utomo tampil gemilang pada masa pinjaman bersama Penang FC.

"Untuk saat ini Ryuji sangat mengesankan bersama Penang FC dan Penang pun berhasrat untuk bekerja sama lebih lanjut dengan Ryuji. Selain itu berkat performa baiknya di Penang, saat ini ada ketertarikan dari tim Korea Selatan dan Jepang," kata Gabriel Budi pada akhir Oktober 2021.

Ryuji Utomo saat ini masih terikat kontrak sampai 2022 di Persija Jakarta. Gabriel Budi menegaskan, prioritas kliennya adalah menghormati kontrak bersama Persija, namun tak menutup peluang segala kemungkinan yang terjadi.

"Kami respek dengan kontrak di Persija Jakarta sampai musim 2022. Saat ini fokus penuh Ryuji Utomo adalah di Penang FC untuk berprestasi di ajang Piala Malaysia. Transfer window adalah hal yang dinamis, will see," ucap Gabriel Budi.

3 dari 3 halaman

Bela Timnas Indonesia

Ryuji Utomo saat ini sedang dalam perjalanan ke Antalya, Turki. Dia masuk daftar 25 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

Kegiatan itu dilakukan sebagai persiapan jelang tampil di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia juga akan melakoni dua laga uji coba melawan Afghanistan (16/11/2021) dan Myanmar (25/11/2021).

Karier Ryuji Utomo kembali melesat bersama Timnas Garuda. Sejauh ini, Ryuji telah tampil sebanyak sekali di skuat asuhan Shin Tae-yong itu.

Video Populer

Foto Populer