Sukses


Liga 2: Gol Tunggal Sugeng Efendi ke Gawang Persis Bawa PSIM Memenangi Derbi Mataram

Bola.com, Solo - PSIM Yogyakarta tampil luar biasa dalam laga bertajuk Derbi Mataram kontra Persis Solo di Grup C Liga 2 2021 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Senin (15/11/2021). Laskar Mataram mampu mengalahkan Persis Solo, dan Sugeng Efendi menjadi pahlawan PSIM berkat gol tunggal yang ia cetak di babak kedua.

Persis Solo langsung tancap gas sejak awal babak pertama laga Grup C Liga 2 2021 ini. Lima menit setelah babak pertama dimulai, Laskar Sambernyawa sudah mendapatkan peluang pertama. Rifaldi Bawuo melepaskan tembakan jarak jauh yang masih bisa ditahan Imam Arief Fadillah.

Dua menit kemudian, Imam kembali unjuk kemampuan. Eks kiper Persebaya Surabaya itu menepis tembakan jarak dekat Miftahul Hamdi yang sangat berpeluang menjadi gol.

PSIM praktis terus berada di bawah tekanan Persis hampir di sepanjang babak pertama. Peluang pertama mereka baru hadir pada menit ke-20.

Achmad Baasith mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, Wahyu Tri Nugroho masih sigap menahan tembakan eks pemain Persela Lamongan itu.

Pada menit ke-37, PSIM yang jarang-jarang mendapatkan peluang nyaris unggul. Sugeng Efendi yang lepas dari kawalan pemain belakang Persis melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Bola tembakan pemain asal Magelang itu sukses melewati Wahyu Tri. Beruntung bagi tuan rumah, bola hasil sepakan Sugeng masih membentur mistar gawang. Babak pertama laga Grup C Liga 2 2021 ini usai dengan skor imbang tanpa gol.

 

2 dari 2 halaman

PSIM Mengejutkan di Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Persis dikejutkan dengan tekanan PSIM. Enam menit babak kedua berjalan, PSIM unggul berkat tembakan Sugeng Efendi. Ini adalah gol ketiga Sugeng untuk PSIM musim ini.

Tak lama setelah unggul, tepatnya pada menit ke-60, Seto Nurdiyantoro melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Ilham Irhaz dan Nanda Nurrandi ditarik keluar. Keduanya menggantikan posisi Yudha Alkanza dan Hapidin.

Sugeng Efendi benar-benar membuat repot pertahanan Persis. Pada menit ke-64, eks pemain Persela Lamongan ini melepaskan tembakan dari sisi kiri pertahanan Persis. Namun, tembakannya masih menyamping dari gawang Wahyu Tri.

Eko Purdjianto mencoba mengubah permainan tim asuhannya. Pada menit ke-65 ia melakukan tiga pergantian sekaligus. Sulthon Fajar, Mohammad Kanu, dan Irfan Jauhari masuk. Mereka menggantikan posisi Yu Hyun Koo, Sandi Sute, dan Irfan Bachdim.

Persis makin terlihat bernafsu untuk memburu gol setelah mereka memasukkan dua penyerang tambahan pada menit ke-72. Mereka adalah Ferdinand Sinaga dan Assanur Rijal. Keduanya menggantikan Miftahul Hamdi dan Beto Goncalves.

Mohammad Kanu memiliki peluang bagus pada menit ke-77. Gelandang berusia 20 tahun itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang sekali tembakan Kanu masih melebar dari gawang PSIM.

PSIM yang mengandalkan serangan balik nyaris mempertebal keunggulan mereka pada menit ke-83. Arbeta Rockyawan yang sudah berhadapan dengan kiper gagal memasukkan bola ke dalam gawang Persis.

Skor 1-0 bertahan hingga laga selesai. Kemenangan ini membuat persaingan di Grup C Liga 2 2021 sangat menarik. Persis masih duduk di puncak dengan koleksi 15 poin. Namun, mereka hanya unggul dua poin saja dari PSIM yang kini ada di posisi kedua. Dua laga sisa di Grup C akan sangat seru.

Video Populer

Foto Populer