Sukses


PSSI Mengharapkan Pemain GSI Jadi Amunisi Masa Depan Timnas Indonesia

Bola.com, Sentul - Tim Talent Scouting PSSI, Yeyen Tumena, menyambut antusias perhelatan Gala Siswa Indonesia 2021. Yeyen Tumena berharap para pemain jebolan Gala Siswa Indonesia 2021 bisa menjadi amunisi tambahan untuk pembentukan Timnas Indonesia pada masa depan.

Gala Siswa Indonesia 2021 telah memasuki pekan kedua. Para siswa yang mengikuti pemusatan latihan menjalani kompetisi internal di lapangan ASIOP Traning Ground, Sentul, sampai 29 November 2021.

Yeyen Tumena menyebut nantinya jumlah peserta yang mengikuti Gala Siswa Indonesia 2021 yang dipilih akan dikerucutkan menjadi 30 pemain. Mereka akan diadu lagi pada duel Perang Bintang di Gala Siswa Indonesia 2021.

"Pada pekan pertama dilatih dulu sesuai dengan materi Finalesia oleh pelatih bersertifikat dan mantan pemain. Pada pekan kedua, kami membuat kompetisi internal supaya kita bisa lihat semua unsur sepak bolanya secara tim. Baru dari situ kami pilih 30 terbaik dan dimainkan dalam Perang Bintang," kata Yeyen Tumena dalam rilis yang diterima Bola.com.

"Output yang diharapkan dari event ini adalah memberikan talenta terbaik dari seluruh negeri untuk Timnas Indonesia," tegas Yeyen Tumena.

Gala Siswa Indonesia 2021 diikuti 102 anak dari seluruh Indonesia. Event ini kerap melahirkan pemain-pemain yang mampu menjadi andalan di Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Pembinaan Usia Dini

Hal senada juga diungkapkan tim pelatih Gala Siswa Indonesia 2021, Firman Utina. Menurut Firman Utina, event ini berguna sebagai ajang pembinaan usia dini yang akan bermuara ke Timnas Indonesia.

"Ini merupakan langkah nyata pembinaan usia dini. Indonesia tidak bisa bicara prestasi masa depan tanpa melihat yang utama. Tanpa membangun generasi bagus untuk membantu prestasi sepak bola pada masa mendatang," tegas Firman Utina yang merupakan pemain Timnas Indonesia rentang 2001-2014.

3 dari 3 halaman

Jaga Tradisi

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, berharap Gala Siswa Indonesia 2021 bisa menjaga tradisi dalam menyumbang pemain ke Timnas Indonesia. Selama ini, ada beberapa nama pemain jebolan Gala Siswa Indonesia yang mampu jadi andalan di skuat Merah Putih.

Asep Sukmayadi juga menyatakan Gala Siswa Indonesia 2021 menjadi wadah bagi talenta-talenda terbaik sepak bola Indonesia untuk membuktikan kualitasnya.

"Mudah-mudahan anak-anak bisa diidentifikasi dan dikembangkan talentanya dengan baik dan GSI menjaga tradisi menyumbangkan pemain ke Timnas Indonesia. Ini menjadi harapan bagi kita dan energi positif untuk terus mengembangkan prestasi anak-anak di bidang olahraga di SMP khusunya talenta pada bidang sepak bola," ucap Asep Sukmayadi.

Video Populer

Foto Populer