Sukses


BRI Liga 1: Duo Persebaya Diincar Klub Luar Negeri, Ini Respons Aji Santoso

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya berpotensi kehilangan dua pemainnya. Sebab, ada dua nama yang santer dikabarkan sedang diincar oleh klub luar negeri, yakni Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, rupanya malah memberi dukungan jika dua pemainnya itu memang direkrut oleh klub luar negeri. Sebab, ini menjadi kesempatan buat mereka untuk mengembangkan kemampuan di negara baru.

“Ricky dan Marselino, yang saya dengar ada pembicaraan dari tim luar negeri, saya akan support kalau main di luar negeri,” kata Aji Santoso, Selasa (4/1/2022).

Nama Ricky Kambuaya kini menjadi perbincangan setelah tampil apik selama 2021. Setelah menjelma sebagai andalan Persebaya, pemain asal Papua ini mampu menjadi tumpuan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Perannya di lini tengah Timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF 2020 sangatlah vital. Bahkan pemain berusia 25 tahun ini dua kali mendapat penghargaan pemain terbaik pertandingan turnamen tersebut.

Masing-masing terjadi saat dirinya membantu Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja di fase grup dan bermain imbang 2-2 kontra Thailand dalam leg kedua partai final.

Selama Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya mengoleksi satu gol yang dilesakkan ke gawang Thailand di final leg kedua dan satu assist saat melawan Kamboja.

Sedangkan nama Marselino Ferdinan kualitasnya sudah teruji di beberapa penampilan bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022. Pemain Persebaya Surabaya berusia 17 tahun ini juga masuk jajaran 60 pemain muda terbaik dunia 2021 versi media kenamaan Inggris, The Guardian.

2 dari 4 halaman

Punya Kemampuan untuk Bersaing di Luar Negeri

Aji Santoso mengakui Marselino Ferdinan memang memiliki kemampuan bagus dan layak bermain di luar negeri untuk menambah pengalaman.

Hal serupa juga terjadi pada Ricky Kambuaya yang tampil gemilang di sepanjang gelaran Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia.

Hal itulah yang membuat Ricky dan Marselino layak menjajal kesempatan berkarier di luar negeri. Menurut Aji, jajaran manajemen Persebaya Surabaya tentu akan memberi dukungan demi perkembangan pemain.

“Kalau ada pemain Persebaya main di luar negeri tentunya saya bersama manajemen pasti mendukung. Itu akan mempertajam atau meningkatkan kualitas pemain tersebut. Jadi saya pribadi support, manajemen juga yakin pasti akan mendukung,” ujar Aji Santoso.

3 dari 4 halaman

Kembali Beraksi di BRI Liga 1

Persebaya Surabaya akan segera memulai kiprah di putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Namun, sebelumnya, tim asuhan Aji Santoso itu akan menjalani lebih dulu laga tunda pekan ke-17 menghadapi Bali United, Rabu (5/1/2022).

Laga yang seharusnya digelar pada 13 Desember 2021 itu ditunda lantaran Persebaya memintanya setelah banyak pemainnya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Sayangnya, meski sudah ditunda, Persebaya tetap tak bisa memainkan para pemain yang baru pulang memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF.

Para pemain tersebut masih melakukan karantina mandiri, dan meski mendapatkan dispensasi dari pemerintah, mereka masih harus menjalani karantina hingga Jumat (7/1/2022).

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer