Sukses


Man of the Match Persipura Vs Persela di BRI Liga 1: Ricky Cawor, Sang Penyelamat Jebolan PON Papua

Bola.com, Denpasar - Persipura Jayapura hampir saja takluk dari Persela Lamongan di pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022. Duel pekan ke-18 itu akhirnya berkesudahan dengan skor 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (6/1/2022) sore.

Persela sebenarnya unggul dulu berkat striker asal Brasil, Jose Wilkson, di menit ke-61. Persipura Jayapura akhirnya terhindar dari kekalahan setelah pemain muda Ricky Cawor mencetak gol telat yang lahir di injury time babak kedua.

Ricky Cawor mampu mencuri perhatian dalam pertandingan ini. Pencetak gol Persipura Jayapura itu baru masuk di menit ke-57 menggantikan Takuya Matsunaga, namun menjadi pembeda di pertandingan ini.

Hanya empat menit setelah Ricky Cawor masuk, Persipura sebenarnya malah kebobolan. Gol Persela lahir lewat serangan balik cepat dari umpan Gian Zola yang diselesaikan dengan tenang oleh Jose Wilkson.

Namun, para pemain Persipura tetap gigih melakukan serangan dalam kondisi tertinggal. Ricky Cawor yang merupakan salah satu penyerang timnya ikut membantu serangan.

Puncaknya terjadi pada injury time babak kedua, hanya beberapa detik sebelum pertandingan berakhir. Mulanya, Feri Pahabol mengirim umpan silang dari sisi kanan ke arah jantung pertahanan Persela.

Kiper Persela, Dwi Kuswanto, menghalaunya dengan satu tangan. Namun, bola malah jatuh ke kaki Ricky Cawor yang tanpa pikir panjang langsung meneruskannya dengan tembakan hanya satu sentuhan saja.

Sontak saja para pemain Persipura Jayapura bersorak. Sebab, Ricky Cawor telah menyelamatkan timnya dari kekalahan. Golnya ini jadi penting karena timnya mampu mengemas satu poin sekaligus membuyarkan kemenangan di depan mata yang seharusnya didapat Persela.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bermain Efektif

Pemain berusia 23 tahun itu tercatat hanya membukukan tiga tembakan selama 33 menit di lapangan. Dua di antaranya mengarah ke gawang, dan satu yang berbuah. Catatan ini menunjukkan bahwa dia bermain efektif di laga ini.

Menariknya, pemain asli Papua ini sebenarnya menjalani laga debutnya bersama Persipura dalam pertandingan ini. Ricky adalah salah satu pemain yang baru direkrut saat tim Mutiara Hitam untuk putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Jika menilik prestasinya, pantas saja jika dia mendapat kesempatan bergabung Persipura. Ricky Cawor direkrut setelah tampil gemilang selama PON Papua 2020 yang digelar pada Oktober 2021.

Dia sukses membawa tim sepak bola Papua meraih medali emas dalam ajang olahraga nasional tersebut. Bahkan, namanya juga menjadi pencetak gol terbanyak dengan 11 gol di PON Papua 2020.

Melihat potensinya, nama satu ini diyakini bakal bersinar bersama Persipura. Ricky Cawor membuktikan Papua tidak pernah kekurangan talenta muda luar biasa yang mampu berkontribusi untuk timnya.     

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Nyoman Ansanay, Braif Fatari, Donni Monim, Irsan Lestaluhu (belakang); Nelson Alom, Takuya Matsunaga, Fridolin Yoku (tengah); Gunansar Mandowen, Yevhen Bokhasvili, Feri Pahabol (depan).
  • Pelatih: Angel Alfredo Vera.
  • Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Ricky Ohorella, Moch Zaenuri, Demerson Bruno, Nasir (belakang); Guilherme Batata, Jabar Sharza, Gian Zola (tengah); Malik Risaldi, Jose Wilkson, Riyatno Abiyoso (depan).
  • Pelatih: Jafri Sastra.
4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persipura dan Persela

Video Populer

Foto Populer