Sukses


BRI Liga 1: Pinjamkan Jabar Shazra ke Persiraja, Persela Merekrut Pemain Berpaspor Irak dan Swedia

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan secara resmi melepas gelandang asal Afghanistan, Jabar Sharza. Kabar itu diumumkan melalui akun instagram resmi klub, @perselafc, pada Minggu (9/1/2022) malam.

“Persela Lamongan mengucapkan terima kasih atas perjuangan Jabar Sharza bersama tim selama putaran 1 Liga 1. Sukses dimanapun kamu berada,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Jabar Sharza sendiri sebenarnya memiliki kontribusi yang apik selama putaran pertama BRI Liga 1 2021/2022. Tampil dalam 10 laga, dia membukukan tiga gol dan dua assist.

Tidak perlu waktu lama buat Persela untuk menemukan pemain pengganti pengisi slot pemain Asia. Jelang ditutupnya bursa transfer pada Rabu (12/1/2022), Laskar Joko Tingkir disebut sudah mencapai kesepakatan bersama penyerang asal Irak.

Sebagai pengganti, akun instagram Persela pagi ini mengunggah sebuah teka-teki lewat kiriman pagi ini, Senin (10/1/2022). Foto itu menampilkan sosok pemain dengan gambar siluet. Pemain yang dimaksud bernama Selwan Al Jaberi.

Pelatih Persela Lamongan, Jafri Sastra, bahwa timnya telah merekrut pemain yang berposisi sebagai penyerang itu. Jafri juga menyebutkan bahwa Jabar Sharza telah dilepas dengan dipinjamkan ke klub sesama kontestan BRI Liga 1 2021/2022.

“Benar. Pemain Asia (Selwan Al Jaberi) sudah ada di sini sejak kemarin sore. Pemain kami Jabar Sharza sudah kami pinjamkan ke Persiraja Banda Aceh,” ungkap Jafri Sastra, Senin.

2 dari 4 halaman

Kans Debut

Kans Selwan Al Jaberi untuk melakoni laga debut bersama Persela terbuka di pekan ke-19 BRI Liga 1. Kebetulan, tim asal Kota Soto itu bakal berusa dengan Persita Tangerang di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (11/1/2022).

Jafri rupanya belum memberikan garansi kepada Selwan untuk bisa tampil dalam pertandingan tersebut. Dia masih akan memantau perkembangan sang pemain sebelum diberi menit bermain.

“Apakah besok pemain baru kami bisa dimainkan, kami lihat dulu. Kami akan menjalani latihan sampai besok pagi bagaimana kesiapannya untuk bisa diturunkan atau tidak,” ujar pelatih asal Sumatera Barat itu.

Selwan Al Jaberi telah melengkap slot pemain asing Persela untuk putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Tiga slot lainnya diisi oleh para pemain yang semuanya berasal dari Brasil, yakni bek Demerson Bruno Costa, gelandang Guilherme Batata, dan striker Jose Wilkson.

3 dari 4 halaman

2 Kewarganegaraan

Selwan Al Jaberi sebenarnya pemain yang juga berpaspor Swedia, selain memegang kewarganegaraan Irak. Dia lahir di Swedia dan mengawali kariernya dengan bergabung sejumlah klub negara Skandinavia tersebut.

Sejak 2019, pemain berusia 30 tahun tersebut mencoba berkarier di Asia Tenggara. Tercatat empat klub Thailand pernah menggunakan jasanya, yakni Bangkok FC, Kasem Bundit, Ranong United dan Lampang FC.

Selwan Al Jaberi juga pernah berkarier di Malaysia bersama Kelantan United pada musim 2020. Terakhir, dia merupakan anggota Lampang FC yang merupakan klub kasta kedua Thailand sebelum mencoba peruntungan di Persela.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer