Sukses


Thailand Berencana Gunakan Pemain U-19 di Piala AFF U-23 2022

Bola.com, Bangkok - Timnas Thailand berencana menggunakan skuad U-19 pada Piala AFF U-23 2022. Keputusan itu diambil karena menganggap ajang tersebut bukan agenda FIFA.

Ide tersebut dicetuskan oleh manajer Timnas Thailand, Nuanphan Lamsam. Menurut wanita yang akrab disapa Madam Pang, pelatih Timnas U-23, Worawut Srimaka, tidak keberatan dengan rencana tersebut.

"Saya pikir para suporter tidak akan dramatis dengan event ini karena bukan kalender FIFA. Tidak ada tim yang melepas pemain," kata Nuanphan Lamsam seperti dikutip Siam Sport.

Nuanphan Lamsam menyebut, pihaknya bakal kesulitan membentuk skuad yang berisikan pemain U-21 dan U-23. Penyebabnya adalah para pemain tersebut memiliki peran penting di klub masing-masing.

"Program klub sangat besar dan pemain U-21 serta U-23 adalah andalan klub di liga utama dan liga kecil. Kesempatan untuk melepaskannya sudah sulit apalagi pada situasi seperti ini," tegas Nuanphan Lamsam.

Thailand tergabung di Grup C Piala AFF U-23 2022. Mereka akan bersaing dengan Vietnam dan Singapura pada ajang yang digelar di Kamboja, 14-26 Februari 2022.

2 dari 3 halaman

Segera Dibahas

Nuanphan Lamsam menyebut, rencana penggunaan pemain U-19 di Piala AFF U-23 2022 masih akan dibahas lebih lanjut dengan Federasi Sepak Bola Thailand (FAT). Namun, Nuanphan Lamsam yakin FAT tak akan keberatan dengan rencana tersebut.

"Saat ini, untuk babak penyisihan Thailand U-23 boleh menggunakan pemain di bawah usia 19 tahun," ucap Nuanphan Lamsam.

"Namun, hal ini akan dibicarakan kembali dengan tim dan FAT. Saya yakin rencana ini bukanlah kekeliruan," tegas Nuanphan Lamsam.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Diuntungkan

Berbeda dengan Thailand, Timnas Indonesia berpeluang menggunakan skuad yang mirip di Piala AFF 2022. Para pemain yang ada saat ini masih berusia di bawah 23 tahun.

Situasi ini tentu saja akan menguntungkan buat Timnas Indonesia. Sebagai juara bertahan, pasukan Shin Tae-yong akan mengerahkan segala kemampuan untuk menjadi juara.

Pelatih Shin Tae-yong kabarnya sedang berusaha menyusun kerangka pemain U-23. Pelatih asal Korea Selatan itu bakal membentuk skuad terbaik agar Indonesia bisa mempertankan gelar Piala AFF U-23.

Video Populer

Foto Populer