Sukses


Profil Timor Leste, Lawan Timnas Indonesia dalam 2 Laga Uji Coba Internasional di Bali

Bola.com, Jakarta - Timor Leste menjadi lawan untuk dua pertandingan Timnas Indonesia dalam periode FIFA matchday yang digelar di Bali pada 24 dan 27 Januari 2022. Meski kerap menjadi bulan-bulanan tim Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Timor Leste benar-benar siap untuk berprestasi.

Timor Leste merupakan tim yang kini menempati peringkat ke-196 dalam ranking FIFA terakhir. Mereka menjadi tim Asia nomor empat dari bawah, atau yang paling bawah jika bicara Asia Tenggara.

Dalam perjalanan sejarahnya menghadapi Timnas Indonesia di lapangan hijau, Timor Leste kerap kesulitan untuk meraih kemenangan. Begitu pun yang diharapkan dalam pertandingan uji coba di Bali pada 24 dan 27 Januari 2022.

Terakhir kali Timor Leste berkumpul adalah ketika bertanding di Piala AFF 2020 pada Desember 2021 lalu. Empat kali bertanding di Grup A Piala AFF 2020, Timor Leste tak sekalipun meraih kemenangan.

Bahkan tim asuhan Fabio Magrao itu dipaksa menelan kekalahan dalam setiap pertandingan. Dari empat pertandingan tersebut, tiga di antaranya Timor Leste kalah dengan skor 0-2, yaitu kalah dari Thailand, Myanmar, dan tuan rumah Singapura.

Sementara dalam satu laga lainnya, Timor Leste dibombardir dengan skor telak oleh Filipina. Timor Leste dibuat takluk dengan skor 0-7 dalam pertandingan tersebut.

Bukan tidak mungkin Timnas Indonesia akan menjadi lawan yang sangat berat bagi Timor Leste pada dua laga uji coba internasional mendatang. Namun, seperti apa skuad Timor Leste saat ini?

2 dari 3 halaman

Skuad Muda

Berkaca dari Piala AFF 2020 lalu, Timor Leste asuhan pelatih Fabio Magrao itu terdiri dari pemain-pemain yang mayoritas masih berusia muda. Bahkan ada pemain dengan usia 16 tahun yang diikutsertakan, yaitu Zenivio.

Bahkan di Piala AFF 2020 lalu, Timor Leste memiliki rataan usia skuad yang sangat muda, yaitu 19,39 tahun. Jika Zenivio yang berusia 16 tahun menjadi anggota tim paling muda, maka Olegario yang juga merupakan pemain berposisi gelandang menjadi yang paling senior dengan usia 27 tahun.

Dari skuad tersebut, hanya Nelson Vegas dan Rufino Gama yang tercatat memiliki caps paling banyak bersama tim nasionalnya, yaitu 21 penampilan.

Nelson Viegas yang berposisi sebagai gelandang berusia 22 tahun dan baru mencetak satu gol. Sementara Rufino Gama berusia 23 tahun dan sudah mencetak tujuh gol, terbanyak di antara rekan-rekannya di Piala AFF 2020.

Rata-rata pemain Timor Leste bermain di kompetisi domestik mereka sendiri. Tercatat hanya satu pemain yang tampil di luar negeri, yaitu Joao Pedro, pemain berusia 21 tahun yang kini bermain di Malaysia bersama Kuala Langsar FC.

3 dari 3 halaman

Pemain Bintang: Rufino Gama

Seperti sudah dibahas di halaman sebelumnya, Rufino Gama menjadi satu dari dua pemain paling berpengalaman di skuad Timor Leste. Pemain berusia 23 tahun ini tak hanya sudah cukup sering membela Timnas Timor Leste, tapi juga menjadi pencetak gol utama.

Dalam usianya yang begitu muda, Rufino Gama sudah masuk dalam jajaran elite pemain Timor Leste di level tim nasional. Ia tercatat berada di peringkat ketujuh dalam hal penampilan terbanyak bersama tim nasional.

Selain itu yang lebih mengesankan, Rufino Gama kini menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak dalam sepanjang sejarah Timnas Timor Leste. Dengan torehan tujuh gol saja, Rufino berada di puncak daftar top scorer sepanjang masa.

Satu dari tujuh gol yang dibuatnya untuk Timor Leste lahir ke gawang Timnas Indonesia. Tepatnya pada Piala AFF 2018, Rufino Gama menjebol gawang Tim Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada saat timnya kalah 1-3 dari tim asuhan Bima Sakti.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, Rufino Gama tentu menjadi pemain yang patut diwaspadai oleh lini pertahanan Timnas Indonesia dalam dua laga uji coba internasional nanti.

Video Populer

Foto Populer