Sukses


5 Playmaker Timnas Indonesia yang Bakal Jadi Mimpi Buruk Timor Leste Saat FIFA Matchday

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam dua laga FIFA Matchday. Laga itu bakal berlangsung di Bali pada 27 dan 30 Januari 2022.

Sebanyak 27 pemain dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Para pemain lini tengah memiliki porsi yang banyak, yakni 10 pemain.

Mereka berperan sebagai gelandang bertahan, tengah, serang, hingga sayap. Para pemain berkualitas itu akan bersaing memperebutkan empat tempat dalam skema 4-4-2, 4-3-3, hingga 4-2-3-1.

Shin Tae-yong tentu membutuhkan pemain kreatif untuk membantu Timnas Indonesia mencetak gol dan meraih kemenangan. Sosok yang dibutuhkan merupakan pemain yang mampu mengatur tempo permainan hingga alur serangan.

Apalagi pertandingan ini dimanfaatkan untuk mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Wajar bila Shin Tae-yong ingin melihat kemampuan terbaik dari seluruh pemainnya.

Bola.com mencatat ada lima pemain yang punya peran sebagai playmaker di Timnas Indonesia. Kehadiran mereka bakal menjadi kunci di lini tengah skuad Merah Putih. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Muhammad Rafli

Tidak banyak yang tahu Muhammad Rafli sejatinya memiliki posisi asli sebagai gelandang. Namun, belakangan pemain Arema FC itu lebih sering dimainkan sebagai penyerang, baik di klub maupun Timnas Indonesia.

Rafli dikenal sebagai pemain yang punya visi bermain yang jelas. Sebagai playmaker, Rafli andal dalam menahan dan mendistribusikan bola.

Pada Piala AFF 2020, Rafli tak masuk dalam skuad Timnas Indonesia. Laga FIFA Matchday ini jadi kesempatan baginya untuk kembali membuktikan kualitas di Tim Garuda.

3 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan menjadi nama di luar skuad Piala AFF 2020 yang dipanggil ke Timnas Indonesia kali ini. Pemain berusia 17 tahun itu sebenarnya bukan wajah baru di skuad Timnas Indonesia.

Karier Marselino Ferdinan melejit ketika membela skuad U-16. Meskipun berperan sebagai gelandang, pemain Persebaya Surabaya itu juga mampu diandalkan dalam mencetak gol.

Marselino Ferdinan juga menjadi andalan di lini tengah Persebaya. Marselino telah membukukan 15 penampilan dan mencetak empat gol bagi Bajul Ijo pada musim ini.

 
4 dari 6 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu merupakan gelandang tangguh yang siap diandalkan di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain berusia 22 tahun itu bisa diandalkan sebagai pengatur tempo permainan hingga mengkreasikan peluang.

Syahrian Abimanyu memiliki karakteristik permainan yang tenang dan cerdas. Itulah yang membuatnya layak menjadi penyeimbang di Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday nanti.

Sayangnya Syahrian Abimanyu belum mendapatkan banyak kesempatan bermain di bawah asuhan Shin Tae-yong. Pemain Persija Jakarta itu baru membukukan 330 menit bermain.

5 dari 6 halaman

Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya menjadi pemain penting di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Pemain Persebaya Surabaya itu menjadi motor serangan di lini tengah.

Ricky Kambuaya sering membantu serangan dengan kemampuan yang dimilikinya. Pemain berusia 25 tahun itu mampu mengalirkan bola dengan baik di lapangan tengah.

Selain itu, Ricky juga punya kualitas individu dalam mendribel dan melepas tembakan. Itulah yang menjadi alasan Shin Tae-yong sering mengandalkannya dalam laga Tim Garuda.

6 dari 6 halaman

Evan Dimas

Evan Dimas merupakan pemain kesayangan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bahkan menjadikannya sebagai kapten Timnas Indonesia.

Evan Dimas memiliki peran penting di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain Bhayangkara FC itu mampu menghubungkan lini tengah dan depan saat membangun serangan.

Kontribusi besar itulah yang membuat Shin Tae-yong sering menjadikan Evan Dimas sebagai starter di Timnas Indonesia. Evan tercatat sudah tampil sebanyak 950 menit di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer