Sukses


Alfeandra Dewangga dan Barisan Tembok Kukuh Timnas Indonesia yang Susah Ditembus Timor Leste

Bola.com, Gianyar - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil empat bek tengah untuk uji coba melawan Timor Leste. Namun, jumlahnya berkurang menjadi tiga karena Elkan Baggott harus absen.

Timnas Indonesia akan dua kali menghadapi Timor Leste pada 27 dan 30 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar dalam rangka periode FIFA Matchday.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto mengungkapkan bahwa Baggott gagal bergabung dengan Timnas Indonesia karena masih dalam pantauan klubnya.

"Baggott kemungkinan tidak dapat hadir," kata Nova kepada Bola.net, Kamis (20/1/2022).

"Klubnya baru saja melakukan pergantian pelatih dan mereka ingin melihat kemampuan semua pemain, termasuk Baggott," jelasnya.

Nova tidak merujuk secara spesifik terkait klub Baggott. Sebab, pemain berdarah Thailand itu masih terdaftar sebagai anggota Ipswich Town U-23, bukan tim senior. Sementara di Ipswich Town, yang baru melakukan pergantian pelatih adalah tim senior, bukan tim U-23.

Ipswich Town baru menunjuk Kieran McKenna sebagai manajer baru pada Desember 2021. Dia menggantikan Paul Cook yang dipecat. McKenna adalah mantan asisten pelatih Manchester United. Dia menjadi tangan kanan Jose Mourinho pada 2018 dan Ole Gunnar Solskjaer pada 2018 hingga 2021.

Nova mengatakan bahwa pelatih Shin Tae-yong mengerti situasi Baggott di Ipswich Town.

"Coach Shin Tae-yong memahami hal ini. Kami tidak mencari pengganti untuk Baggott," jelas Nova.

Tanpa Baggott, Timnas Indonesia masih punya tiga benteng pertahanan yang dapat meredam lini depan Timor Leste. Siapa saja yang akan menjadi andalan tim berjulukan Skuad Garuda ini?

2 dari 4 halaman

Fachruddin Aryanto

Shin Tae-yong kembali memercayai Fachruddin Aryanto. Dia adalah pilihan utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Fachruddin bermain konsisten di Piala AFF. Pemain Madura United ini punya pengalaman yang tidak dimiliki oleh bek lain di Timnas Indonesia.

Fachruddin menjadi pemain Timnas Indonesia dengan penampilan terbanyak saat ini. Palang pintu berusia 32 tahun itu telah bermain 45 kali sejak 2012

3 dari 4 halaman

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga melejit menjadi bek masa depan Timnas Indonesia. Bersama Fachruddin Aryanto, perannya tidak tergantikan di Piala AFF 2020.

Dewangga selalu bermain sebagai starter di Piala AFF. Pemain berusia 20 tahun itu juga selalu bermain selama 90 menit atau lebih di perpanjangan waktu.

Dewangga punya talenta menjanjikan. Dia mampu bermain sebagai bek modern. Selain mahir bertahan, Dewangga juga fasih dalam memainkan bola dan kerap disulap menjadi gelandang bertahan.

4 dari 4 halaman

Rizky Ridho

Rizky Ridho menjadi pelapis penting bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia konsisten bermain baik ketika mendapat kesempatan bertanding.

Sama seperti Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho adalah bek masa depan Timnas Indonesia. Usianya masih 20 tahun, namun sudah punya sembilan caps bersama Skuad Garuda.

Ridho cukup tenang dalam duel satu lawan satu. Namun, pemain Persebaya Surabaya ini masih kerap gugup dalam membaca permainan lawan. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, Ridho tentu dapat memperbaiki kelemahannya itu.

Video Populer

Foto Populer