Sukses


Demam Korea Melanda ASEAN, Kini Malaysia Mengutus Bekas Bos Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Korean Wave melanda Asia Tenggara. Tiga negara ASEAN, yakni Timnas Indonesia, Vietnam, dan Malaysia dilatih oleh pria dari Korea Selatan.

Park Hang-seo lebih dulu menancapkan taringnya di Asia Tenggara. Ia kini melatih Timnas Vietnam.

Setelah itu Shin Tae-yong yang ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia makin memanskan demam Korea di Tanah Air semenjak fenomena K-Pop dan K-Drama (Drakor).

Yang terbaru adalah Timnas Malaysia. Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), mengumumkan pelatih baru tim nasional senior yang menggantikan Tan Cheng Hoe, Kim Pan-gon.

Nama terakhir cukup menarik karena Kim Pan-gon, yang merupakan bekas Kepala Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sejak Desember 2017, dicap otak di balik pemecatan Shin Tae-yong.

2 dari 6 halaman

Perbarui Rivalitas Malaysia dan Indonesia

Tan Cheng Hoe memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Malaysia usai gagal menembus semifinal Piala AFF 2020. FAM kemudian melakukan evaluasi seraya mencari penggantinya.

"Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), hari ini mengumumkan pelantikan Kim Pan-gon dari Korea Selatan sebagai pelatih Timnas Malaysia, mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Tan Cheng Hoe," bunyi pernyataan resmi FAM, Jumat (21/1/2022).

Dinukil dari media Malaysia, Semuanyabola, Kim Pan-gon adalah sosok yang membuat Federasi Sepak Bola Korea Selatan memecat Shin Tae-yong. Kedua pelatih disebut tidak akur.

"Performa Shin Tae-yong pada Piala Dunia 2018 tidak sukses atau gagal. Shin melakukan begitu banyak persiapan, tapi tim hanya meraih satu kemenangan atas Jerman," katanya dinukil dari Korea Herald.

"Satu tahun menyiapkan tim tidaklah sebentar. Meskipun dia mungkin telah bekerja keras, tapi target dan ekspektasi gagal ditembusnya," ucap Kim Pan-gon.

3 dari 6 halaman

Diragukan Bisa Memberikan Dampak Langsung

4 dari 6 halaman

Tambah Ramai Nih

5 dari 6 halaman

Trio Co-Kor (Coach Korea)

6 dari 6 halaman

Bukan Cuma Demam K-Pop

Video Populer

Foto Populer