Sukses


Penjelasan Asnawi Mangkualam Terkait Sikap Tak Sportif kepada Pemain Singapura di Piala AFF 2020, Apa Katanya?

Bola.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, melakukan tindakan tak sportif kepada pemain Singapura, Faris Ramli, di Piala AFF 2020. Asnawi pun memberikan penjelasan terkait sikap tersebut.

Timnas Indonesia bersua Singapura pada laga leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang 25 Desember lalu. Dalam duel tersebut, Tim Garuda menang 4-2 atas Singapura.

Selain hujan gol, laga kedua tim juga diwarnai sejumlah drama. Mulai dari gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-91, tiga kartu merah pemain Timnas Singapura, hingga aksi tak sportif yang dilakukan Asnawi Mangkualam.

Ketika itu, Asnawi seakan mengejek Faris Ramli yang gagal mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Timnas Indonesia. Berdasarkan tayangan ulang, Asnawi seperti mengucapkan terima kasih kepada Faris.

Akibat tindakan tersebut, Asnawi Mangkualam mendapat kritikan dari berbagai pihak, dan membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berang. Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu dikabarkan bakal mencoret Asnawi.

Beruntung, Shin Tae-yong urung mengambil tindakan tersebut. Asnawi Mangkualam berhasil membawa Timnas Indonesia lolos hingga ke final Piala AFF 2020, tetapi akhirnya kalah agregat 2-6 dari Thailand.

 

2 dari 3 halaman

Penyesalan Asnawi Mangkualam

Setelah satu bulan berlalu, Asnawi Mangkualam akhirnya buka suara terkait tindakannya tersebut. Pemain berusia 22 tahun itu mengakui telah melakukan kesalahan dan aksinya tersebut tidak layak untuk ditiru.

"Ada yang ingat momen ini? Maaf kejadian ini tidak baik untuk ditiru," tulis Asnawi di akun Instagram pribadinya.

"Tetapi itu hanya spontanitas dan hanya mengucapkan terima kasih kepada Faris," lanjut bek kanan klub K-League 2, Ansan Greeners, tersebut.

3 dari 3 halaman

Unggahan Asnawi Mangkualam

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AMB. (@asnawi_bhr)

Video Populer

Foto Populer