Sukses


Prediksi Komposisi Inti Timnas Indonesia Saat Hadapi Timor Leste: Siapa Dijajal Shin Tae-yong?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjalani dua laga uji coba internasional menghadapi Timor Leste pada periode FIFA Matchday yang berlangsung antara 24 Januari hingga 2 Februari 2022 ini. Tim Garuda menghadapi Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Kamis (27/1/2022) dan Minggu (30/1/2022)

Mempersiapkan Timnas Indonesia menghadapi dua pertandingan ini, Shin Tae-yong membawa 26 pemain ke Bali. Mayoritas pemain merupakan pemain yang sudah dibawanya ke Piala AFF 2020 pada Desember 2021 lalu.

Namun, pelatih asal Korea Selatan itu juga membawa 8 pemain di luar skuad Piala AFF 2020 yang merupakan hasil pemantauannya di seri keempat BRI Liga 1 2021/2022 yang juga digelar di Bali.

Delapan pemain tersebut, antara lain Adi Satryo (kiper Persik Kediri), Bayu Fiqri (bek Persib Bandung), Achmad Figo (bek Arema FC), Terens Puhiri (gelandang Borneo FC), Sani Rizki (gelandang Bhayangkara FC), Marselino Ferdinan (gelandang Persebaya Surabaya), Muhammad Rafli (striker Arema FC), dan Ronaldo Kwateh (penyerang Madura United).

Apalagi sejumlah pemain di Piala AFF 2020, yang berkarier di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott, tidak ada dalam skuad kali ini. Artinya, Shin Tae-yong dipastikan bakal memadukan tim yang sudah dibentuknya lebih dulu dengan pemain yang baru dipanggilnya.

Tentu menarik untuk melihat bagaimana Shin Tae-yong menyusun komposisi tim utamanya ketika Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste pada Kamis (27/1/2022). Berikut ulasannya:

2 dari 4 halaman

Lini Pertahanan: Mencari Pengganti Asnawi

Bicara soal lini pertahanan Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong hanya membawa satu kiper dan dua bek muda di luar skuad Piala AFF 2020. Ketiganya adalah Adi Satryo yang merupakan kiper Persik Kediri, serta dua bek muda, yaitu Bayu Fiqri dari Persib Bandung dan Achmad Figo dari Arema FC.

Melihat ketiga pemain baru tersebut, Shin Tae-yong tampak lebih fokus untuk mencari penutup lubang yang ditinggal oleh Asnawi Mangkualam Bahar.

Artinya, Nadeo Argawinata diyakini bakal tetap berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia pada awal laga. Sementara di depannya akan ada Alfeandra Dewangga dan Rizky Ridho sebagai stoper.

Kemudian di sisi kiri pertahanan juga masih akan ada Pratama Arhan. Sementara yang menarik justru di posisi bek sayap kanan. Akan ada beberapa pemain yang akan dijajal untuk mengisi kekosongan Asnawi Mangkualam Bahar yang tak ada di dalam skuad saat ini.

Ada tiga bek sayap kanan yang ada dalam skuad Shin Tae-yong kali ini. Rizky Dwi Febrianto yang menjadi pelapis Asnawi Mangkualam di Piala AFF 2020 tampaknya akan dicoba untuk menjadi starter dalam laga ini, di mana dua pelapis juga disiapkan oleh Shin Tae-yong, yaitu Bayu Fiqri dan Achmad Figo yang sama-sama masih berusia 20 tahun.

3 dari 4 halaman

Trio Persebaya di Lini Tengah, Jajal Wajah Baru di Depan

Jika di lini pertahanan Shin Tae-yong akan fokus mencari pengganti peran Asnawi Mangkualam di sisi kanan, untuk lini tengah dan serang Timnas Indonesia akan cukup banyak yang dijajal oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Pertama, Shin Tae-yong harus mencari pengganti peran Witan Sulaeman atau pun Egy Maulana Vikri yang tidak ada dalam tim saat ini. Jika melihat Piala AFF 2020, peran Witan adalah yang paling sulit untuk digantikan.

Namun, kini ada sejumlah pemain baru yang dipersiapkan oleh Shin Tae-yong. Ada Marselino Ferdinan, Sani Rizki, dan Terens Puhiri yang bisa dimainkan, baik sebagai gelandang maupun pemain sayap.

Sementara untuk lini depan, di mana striker-striker Tim Garuda di Piala AFF 2020 tak terlalu cemerlang, Shin Tae-yong bisa saja mengandalkan Ronaldo Kwateh maupun Muhammad Rafli.

Artinya, jika melihat lini tengah ke serang, trio Persebaya akan dijajal oleh Shin Tae-yong. Rachmat Irianto akan jadi gelandang bertahan, Ricky Kambuaya menjadi gelandang tengah yang menyeimbangkan permainan, serta Marselino Ferdinan yang akan menjadi gelandang serang yang mematikan.

Irfan Jaya dan Sani Rizki bisa dijajal sebagai pemain sayap sejak awal pertandingan, di mana Sani Rizki merupakan pemain yang cemerlang dan punya kemampuan bermain di posisi berbeda. Sementara di lini depan, Muhammad Rafli atau Ronaldo Kwateh juga bisa dijajal.

4 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia Saat Hadapi Timor Leste

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Argawinata; Rizki Dwi Febrianto, Rizky Ridho, Alfreandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Sani Rizki, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Irfan Jaya; Muhammad Rafli.

 

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Timor Leste (4-3-3): Junildo Pereira (kiper), Yohanes Gusmao, Joao Panji, Filomeno, Nelson Sarmento Viegas (belakang), Cristevao Fernandes, Armindo, Paulo Gali (tengah), Jhon Frith, Mouzinho, Elias Mesquita (depan)

Pelatih: Fabio Magrao (Brasil)

Video Populer

Foto Populer