Sukses


Shin Tae-yong Apresiasi Debut Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia

Bola.com, Gianyar - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan apresiasi terhadap debut Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan pada laga melawan Timor Leste, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Menurut Shin Tae-yong, kehadiran dua pemain itu meningkatkan performa skuad Merah Putih.

Ronaldo Kwateh mendapatkan kesempatan bermain di Timnas Indonesia pada babak kedua menit ke-46'. Pemain berusia 17 tahun itu masuk menggantikan Ramai Rumakiek.

Ketika itu, Timnas Indonesia dalam keadaan tertinggal 0-1. Timor Leste mencetak gol pembuka melalui Paulo Gali pada menit ke-35'.

Timnas Indonesia kemudian mencetak gol penyeimbang melalui aksi Ricky Kambuaya pada menit ke-65'. Memaksimalkan umpan Ronaldo Kwateh, Kambuaya sukses menjebol gawang Timor Leste.

Shin Tae-yong kemudian memasukkan Marselino Ferdinan pada menit ke-66 untuk menggantikan Evan Dimas. Setelah itu, permainan Timnas Indonesia semakin membaik dan berhasil menambah tiga gol lagi. Gol Timnas Indonesia dicetak Pratama Arhan melalui tendangan penalti (73').

Adapun dua gol sisanya terjadi melalui aksi bunuh diri pemain Timor Leste Georgino Jose Alexandro Mendonca da Silva (77') dan Filomeno (80').

"Ronaldo dan Marselino masuk pada babak kedua. Ronaldo masuk sejak awal babak kedua dan Marselino masuk pada pertengahan babak kedua," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

"Setelah kedua pemain ini masuk performa tim kami lebih baik. Para pemain seharusnya merasakan kehausan dan kelaparan terhadap permainan," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan kembali melawan Timor Leste pada pertandingan kedua FIFA Matchday, Minggu (30/1/2022). Ini menjadi kesempatan bagi Shin Tae-yong untuk memperbaiki kualitas permainan anak asuhnya.

2 dari 3 halaman

Malah Kecewa

Pelatih Shin Tae-yong ternyata tak sepenuhnya puas dengan kemenangan telak Timnas Indonesia. Shin Tae-yong disinyalir kecewa karena skuad Merah Putih meraih kemenangan karena dibantu tendangan penalti dan dua gol bunuh diri.

"Memang dari sisi skor menang 4-1, akan tetapi pertandingan hari ini sangat-sangat mengecewakan. Saya dan pemain harus evaluasi diri," kata Shin Tae-yong.

"Saya juga akan berusaha lagi untuk mengembangkan permainan mereka menjadi lebih baik lagi. Terutama dari segi mental karena pertandingan hari ini memang tidak memuaskan," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 3 halaman

Tampil Dominan

Statistik mencatat, Timnas Indonesia layak meraih kemenangan atas Timor Leste. Evan Dimas dkk tampil menguasai pertandingan denganĀ 63 persen.

Timnas Indonesia juga tampil agresif dengan melepaskan 11 peluang. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya akurat.

Adapun Timor Leste memiliki penguasaan bola sebesar 37 persen. Skuad asuhan Fabio Magrao itu melepaskan tiga peluang yang satu di antaranya akurat.

Video Populer

Foto Populer