Sukses


Marselino Ferdinan Debut Impresif di Timnas Indonesia, Ini Kata Pelatih Persebaya

Bola.com, Jakarta - Gelandang muda Marselino Ferdinan sedang menuai pujian setelah melakoni debut di Timnas Indonesia. Pemain Persebaya Surabaya itu ikut membantu kemenangan 4-1 atas Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/1/2022).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, juga turu memberikan penilaian terhadap pemain muda berusia 17 tahun itu. Marselino Ferdinan dinilai mampu memanfaatkan kesempatan meski tidak tampil sejak menit pertama di laga internasional.

Pemain didikan kompetisi internal Persebaya itu baru masuk pada menit ke-65 menggantikan Evan Dimas. Meski hanya tampil 25 menit, Marselino dianggap memberikan kontribusi yang optimal di Timnas Indonesia.

“Meskipun tidak main dari awal, Marselino cukup mewarnai permainan Indonesia,” ungkap Aji Santoso.

Pelatih berusia 51 tahun itu merasa Marselino mampu muncul sebagai pemain muda menunjukkan potensi terbaiknya. Pemain kelahiran Jakarta itu bisa menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi walaupun tampil dengan pemain-pemain yang secara usia jauh berada di atasnya.

Kontribusi Marselino Ferdinan tidak sebatas pada pergerakannya yang membuat lawan kian waspada. Tidak juga hanya tembakannya yang membahayakan. Tapi, umpan-umpan setelah dribel juga kerap mengejutkan lawan.

Bukan hal yang mengherankan melihat mantan pemain Persebaya U-16 itu mampu berkontribusi penting untuk Persebaya Surabaya. Nama Marselino Ferdinan tercantum dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia yang dirilis oleh media Inggris, The Guardian, pada 6 Oktober 2021 lalu.

 

2 dari 3 halaman

Jangan Cepat Terbuai

Marselino Ferdinan biasanya menempati posisi gelandang serang. Dia adalah pemain yang ditugaskan memberi kejutan dengan kemampuannya melepas tembakan jarak jauh dengan keras menghadapi Timor Leste.

Selama 25 menit, Marselino mampu menggantikan peran Evan Dimas sebagai pengatur serangan. Pemain berdarah Flores itu piawai membagi bola dan mengatur ritme permainan dalam duel pekan internasional tersebut.

Total, Marselino Ferdinan mampu membukukan satu umpan kunci dan tiga tembakan, tak ada gol maupun assist. Masing-masing dari tembakan itu berujung pada satu tepat sasaran, melenceng, dan diblok bek lawan.

Aji mengingatkan Marselino untuk tidak terbuai dengan pujian yang selalu dialamatkan kepadanya.

“Jangan cepat puas dan jangan terlena dengan pujian. Justru pujian itu harus dijadikan motivasi agar semakin berkembang lagi, harus fokus terus di sepak bola,” ucap Aji.

Menariknya, Marselino menjalani debut di timnas senior di usia 17 tahun 138 hari. Tapi, dia masih tidak tercatat sebagai yang termuda karena kalah dari winger Ronaldo Kwateh yang juga menjalani debutnya di laga ini.

Ronaldo membukukan rekor sebagai pemain termuda yang pernah membela Timnas Indonesia. Duel ini jadi laga debutnya di usia 17 tahun 98 hari, mengungguli Asnawi Mangkualam yang berusia 17 tahun 167 hari pada 21 Maret 2017 lalu.

3 dari 3 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer