Sukses


Wow! Filipina Ukir Sejarah Lolos ke Piala Dunia Putri, Timnas Indonesia Kapan Menyusul?

Bola.com, Jakarta - Timnas Filipina putri memastikan langkah ke semifinal Piala Asia Putri 2020. Hasil tersebut juga mengantar Filipina menggenggam tiket ke Piala Dunia Putri 2023

Torehan Timnas Filipina Putri tersebut sangat luar biasa. Ini kali pertama mereka memastikan lolos ke semifinal Piala Asia Putri. Tak tanggung-tanggung, Filipina juga melangkah ke Piala Dunia Putri 2023

Filipina sebenarnya dikenal sebagai negara yang bukan kekuatan sepak bola tradisional di Asia Tenggara. Namun, mereka berhasil membuat kejutan besar dengan prestasi fenomenal tersebut. 

Timnas Filipina Putri melangkah ke semifinal Piala Asia Putri 2022 setelah menaklukkan Chinese Taipei dengan skor 4-3 melalui adu penalti. Kedua tim terpaksa merampungkan laga dengan adu tos-tosan setelah hanya bermain 1-1 pada perempat final Piala Asia 2022 di Stadion Shree Shivchhatrapati Sports Complex, Minggu (30/1/2021). 

Asia mendapatkan jatah lima tiket di Piala Dunia Putri 2022,  plus tuan rumah Australia. Piala Asia Putri menjadi ajang kualifikasi untuk Piala Dunia Putri. 

Keempat semifinalis Piala Asia Putri 2022 yaitu Jepang, China, Korea Selatan, dan Filipina dipastikan lolos. Satu tiket lainnya dari Asia untuk Piala Dunia Putri 2023 akan diperebutkan melalui playoff antara Vietnam dan Chinese Taipei. 

 

2 dari 2 halaman

Prestasi Luar Biasa

Pelatih Filipina, Alen Stajcic, girang bukan kepalang setelah menyaksikan anak asuhnya melenggang ke semifinal Piala Asia Putri 2022. 

"Ini pencapaian luar biasa dari tim dan sejarah bagi negara," kata Alen Stajcic, dari situs resmi AFC. 

"Setiap anak muda di Filipina saat ini bisa terinspirasi untuk tampil di Piala Dunia. Tim ini bangga satu sama lain, tetapi mereka lebih bangga untuk menginspirasi generasi berikutnya," sambungnya. 

 Di semifinal Piala Asia 2022, Filipina akan berjumpa dengan Korea Selatan. Korsel melaju ke babak empat besar setelah menundukkan Australia. 

Sumber: AFC 

Video Populer

Foto Populer