Sukses


5 Talenta Papua yang Bisa Dijajal Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pemain Papua tak bisa dipisahkan dari skuad Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Itu dibuktikan dengan penampilan apik para talenta Papua saat dipercaya bermain membela Timnas Indonesia.

Pada laga FIFA Matchday kedua melawan Timor Leste, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-0. Kemenangan itu diberikan talenta Papua yang semuanya mencetak gol yakni Ramai Rumakiek, Terens Puhiri, dan Ricky Kambuaya.

Shin Tae-yong sepertinya sadar akan kemampuan talenta Papua dan bisa memanfaatkannya. Bukan rahasia bila pemain Papua dikenal memiliki fisik yang bagus serta kecepatan berlari.

Dua aspek itu terlihat sesuai dengan gaya permainan yang diinginkan Shin Tae-yong. Seperti diketahui, Shin Tae-yong memang menyukai pemain yang lincah dan punya fisik bagus sehingga bisa bermain penuh satu pertandingan.

Shin Tae-yong saat ini sedang mencari pemain yang cocok untuk membela Timnas Indonesia semua umur. Agenda terdekat Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia adalah Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2023, Kualifikasi Piala Asia 2023, dan Piala AFF senior 2022.

Bola.com mencatat, ada banyak talenta Papua yang bisa menjadi tambahan amunisi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Berikut ini lima nama pemain Papua yang bisa menjadi rekomendasi Shin Tae-yong.

2 dari 6 halaman

Yohanes Pahabol

Yohanes Pahabol merupakan pemain senior Persipura Jayapura. Pemilik nama lengkap Yohanes Ferinando Pahabol itu punya kemampuan mumpuni dalam menjalankan tugas sebagai penyerang.

Yohanes Pahabol belum pernah mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia senior. Pelatih Shin Tae-yong bisa mengandalkannya untuk menjadi ujung tombak.

Selain akurasi tembakan yang baik, Yohanes Pahabol dikenal sebagai pemain lincah. Kemampuan berlari Yohanes Pahabol juga tak menunjukkan dirinya sudah berusia 30 tahun.

3 dari 6 halaman

Gunansar Mandowen

Gunansar Mandowen merupakan pemain muda masa depan Papua. Baru berusia 21 tahun, Gunansar sudah menjadi pilihan inti di Persipura Jayapura.

Gunansar Mandowen pernah memperkuat Timnas Indonesia U-16 dan U-23. Namun, pemain asal Kabupaten Sarmi, Papua itu belum mendapatkan kesempatan memperkuat skuad senior.

Kehadiran Gunansar Mandowen bisa menjadi tambahan amunisi untuk Timnas Indonesia. Apalagi sebagai gelandang sayap, Gunansar memiliki kelebihan berupa kecepatan dan akurasi tembakan.

4 dari 6 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri bukan nama asing buat Shin Tae-yong. Pemain PSM Makassar itu pernah dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia pada 2021.

Yakob Sayuri saat ini sudah mengemas satu caps untuk Timnas Indonesia. Pemain asal Kepulauan Yapen, Papua, itu bisa menjadi tambahan amunisi Timnas Indonesia di sektor sayap.

Senjata utamanya adalah kecepatan berlari yang siap merepotkan lini pertahanan lawan. Yakob Sayuri juga punya kemampuan dalam melakukan tusukan dan tembakan yang akurat.

5 dari 6 halaman

Osvaldo Haay

Tak ada yang perlu meragukan kualitas Osvaldo Haay. Selain masih muda, Osvaldo dikenal sebagai pemain ofensif yang punya kemampuan gemilang.

Osvaldo punya kecepatan berlari yang kerap merepotkan barisan pertahanan lawan. Selain itu, Osvaldo juga punya akurasi tembakan yang bagus dan sering mencetak gol.

Kelebihan itulah yang bisa dimaksimalkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sejauh ini, pemain 24 tahun itu sudah mengemas enam caps untuk skuad Merah Putih.

6 dari 6 halaman

David Rumakiek

David Rumakiek merupakan bek muda yang punya kemampuan mumpuni. Pemain Persipura Jayapura itu sudah menjadi andalan di Persipura Jayapura sampai saat ini.

Kakak dari Ramai Rumakiek itu memiliki kelebihan dalam menghalau serangan. Selain itu, David Rumakiek dikenal sebagai pemain yang tanpa ampun dalam menjaga area pertahanannya.

David Rumakiek belum pernah membela Timnas Indonesia senior. Sejauh ini, pemain 22 tahun itu baru membela Timnas U-19 dan U-23.

Video Populer

Foto Populer