Sukses


Cerita Ricardo Salampessy Bisa Jadi Pesepak Bola Profesional: Tak Mengenal SSB, Murni Bakat

Bola.com, Jakarta - Ricardo Salampessy bisa dikatakan sebagai satu di antara pemain besar Persipura Jayapura. Sosok yang akrab disapa Ricky itu menghabiskan sebagian besar kariernya di klub berjulukan Mutiara Hitam tersebut.

Ricardo Salampessy juga pernah cukup lama jadi langganan Timnas Indonesia. Ia bahkan jadi salah satu andalan Tim Garuda di ajang Piala Asia 2007 yang mana Indonesia jadi salah satu tuan rumahnya.

Namun, Salampessy memiliki kisah menarik. Ia mengaku belajar sepak bola secara otodidak dari lingkungan tempat tinggalnya saat masih kecil di Papua.

Kondisi itu membuat Ricardo Salampessy tidak pernah merasakan ditempa dengan cara yang benar ketika masih kecil. Terutama soal pemahaman teknik dasar dalam bermain sepak bola.

"Saya tidak melalui SSB, dari kecil otodidak saja main di kompleks saja. Jadi teknik dasar sepak bola itu tidak benar-benar saya rasakan semua hanya lewat naluri. Saya hidurp di Papua dan rata-rata anak Papua punya passion luar biasa soal sepak bola," ujar Ricardo di kanal Youtube Tiento Indonesia belum lama ini.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cita-cita Sejak Kecil

Ricardo Salampessy kemudian menyatakan sepak bola sudah jadi cita-cita dan passion bagi dirinya, bahkan sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat itu, Ricardo bahkan kerap menunjukkan keinginannya untuk menjadi pesepakbola profesional kepada teman-temannya saat itu.

"Sepak bola sudah jadi cita-cita saya dari kecil, passion saya benar-benar di sepak bola dan itu teman-teman sekolah saya pun tahu itu. Waktu itu yang niat bener-bener pengen jadi pemain bola ya saya," katanya.

Ricardo Salampessy juga menyatakan ia kerap kali bermain sepak bola dengan teman-temannya. Terutama saat ia masih duduk di bangku SD dan SMP.

"Waktu masih SD sampai SMP ketika ada waktu istirahat atau pulang sekolah selalu main bersama teman-teman entah itu melawan teman kelas yang lain atau sekedar kumpul-kumpul terus main bareng," tandasya.

3 dari 4 halaman

Bergelimang Prestasi

Hanya ada tiga klub profesional yang pernah dibela Ricardo Salampessy. Tiga klub itu adalah Persiwa Wamena, Persipura Jayapura, dan ia sempat semusim membela Persebaya ISL.

Bisa dikatakan masa Salampessy mendapatkan semuanya di Persipura. Bersama Mutiara Hitam, ia pernah tiga kali meraih gelar juara liga.

Yakni pada Indonesian Super League (ISL) 2008/2009, 2010/2011, dan 2013. Ia juga kali bermain di ajang Liga Champions Asia dan Piala Asia bersama Persipura.

Bersama Timnas Indonesia, Ricardo Salampessy punya catatan 22 caps. Kini, Ricardo Salampessy sudah berusia 37 tahun, ia sedang menikmati masa akhir kariernya sebagai pemain sepak bola profesional.

Sumber: Youtube Tiento Indonesia

4 dari 4 halaman

Lihat Peta Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer