Sukses


Sharing dengan Prilly Latuconsina yang Baru Beli Persikota, Erick Thohir Pamer Pernah Bawa Persija dan Persib Juara Liga Indonesia

Bola.com, Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir berdikusi dengan pemilik Persikota Tangerang, Prilly Latuconsina. Mantan Presiden Inter Milan itu menceritakan kiprahnya di dunia sepak bola, termasuk membawa Persija Jakarta dan Persib Bandung menjuarai Liga Indonesia.

Prilly Latuconsina baru saja mengumumkan akuisisi terhadap peserta Liga 3, Persikota pada 30 Januari 2022. Tim berjuluk Bayi Ajaib itu pernah eksis di kasta teratas Liga Indonesia pada era 2000-an.

Bak gayung bersambut, langkah Prilly Latuconsina terjun ke dunia sepak bola Indonesia mendapatkan respons positif dari Erick Thohir, yang punya pengalaman segudang di bidang olahraga nasional dan internasional.

"Kali ini, saya berdiskusi dengan pemilik klub sepak bola yang menjadi kejutan pada akhir-akhir ini," kata Erick Thohir membuka pembicaraan dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, @erickthohir pada Senin (7/2/2022).

Erick Thohir berkisah pernah menjadi bagian dari Persija Jakarta ketika menjadi kampiun Liga Indonesia 2001. Kala itu, eks pemilik klub NBA, Philadelphia 76ers ini mengaku dipercaya sebagai direktur keuangan.

"Saya sejak awal di sepak bola, tidak pernah punya janji yang berlebihan. Saya menjanjikan klubnya sehat dan pemainnya baik sehingga lebih untuk jangka panjang," tutur Erick Thohir.

Erick Thohir mengungkapkan diminta secara khusus oleh Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007 sekaligus pembina Persija Jakarta, Sutiyoso dan manajer dari tim berjuluk Macan Kemayoran itu, IGK Manila.

"Alhamdulillah filosofi saya itu terbukti. Contoh, ketika saya diminta Pak Sutiyoso dan Pak IGK Manila mengelola Persija sebagai direktur keuangan, alhamdulillah saya membawa Persija juara," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Persib Juara ISL 2014

Selain dengan Persija Jakarta, Erick Thohir juga punya peran dalam trofi Indonesia Super League (ISL) Persib Bandung pada 2014.

Ketika Persib menjadi juara ISL 2014, Erick Thohir menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Pemilik klub IBL, Satria Muda Pertamina ini mengaku membantu Glenn Sugita yang menjadi direktur utama dan Umuh Muchtar selaku komisaris.

"Sewaktu di Persib, saya menjadi wakil komisaris membantu Pak Umuh dan Pak Glenn. Saya lebih di administrasi dan Persib juara," papar Erick Thohir.

Setelah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir diumumkan Glenn Sugita telah mundur dari Wakil Komisaris Utama PT PBB pada Oktober 2019.

3 dari 4 halaman

Persis Kampiun Liga 2 2021

Terbaru, Erick Thohir bersama putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep membeli saham mayoritas Persis Solo pada Maret 2020. Keduanya berhasil mengantar kesebelasan dengan sebutan lain Laskar Sambernyawa itu meraih gelar Liga 2 2021 plus promosi ke Liga 1 musim depan.

Seusai diakuisisi Erick Thohir dan Kaesang Pangarep, Persis menjelma sebagai tim bertabur bintang. Laskar Sambernyawa mengoleksi banyak pemain berlabel Liga 1 meski berstatus peserta Liga 2.

Namun, Erick Thohir tidak duduk dalam struktur perusahaan Persis, namun menunjuk anaknya, Mahendra Agakhan Thohir sebagai Komisaris Laskar Sambernyawa.

"Beberapa waktu lalu, kebetulan anak saya dan Mas Kaesang yang mengelola dan saya dari belakang, Persis juara," ungkap eks Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2015-2019 itu.

Sumber: Instagram Erick Thohir

4 dari 4 halaman

Diskusi Erick Thohir dengan Prilly Latuconsina

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Video Populer

Foto Populer