Sukses


Lebih Dekat dengan Jordi Amat: Pernah Jadi Langganan Timnas Spanyol U-21 Era Luis Milla

Bola.com, Jakarta - Jordi Amat bakal segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Proses naturalisasi pemain keturunan Makassar-Spanyol itu terus berlangsung.

Jordi Amat lahir di barcelona pada 21 Maret 1992. Ia mengawali kariernya di salah satu klub yang bermarkas di Barcelona, yaitu Espanyol.

Sebagai orang yang lahir di Spanyol, Jordi Amat juga pernah merasakan membela Timnas kelompok umur Spanyol. Jordi Amat pernah memperkuat Timnas Spanyol U-19, U-20, dan U-21.

Jordi Amat bahkan sempat menjadi langganan Timnas Spanyol U-21. Total ia memiliki 15 kali penampilan bersama skuad La Furia Roja muda.

Menariknya saat Jordi Amat menembus Timnas Spanyol U-21, Luis Milla adalah pelatih dari tim tersebut. Milla diketahui pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia selama kurang lebih dua tahun.

Selain itu, Jordi Amat juga pernah ditukangi Julen Lopetegui. Hal itu terjadi saat ia memperkuat Timnas Spanyol U-20. Lopetegui sendiri kemudian melatih Timnas senior Spanyol, Real Madrid, dan Sevilla.

 

2 dari 3 halaman

Hanya di Laga Kualifikasi dan Persahabatan

Jordi Amat memang sempat jadi langganan Spanyol U-21. Namun, rupanya itu hanya terjadi saat Spanyol U-21 menjalani babak kualifikasi EURO U-21 atau laga persahabatan.

Pada ajang EURO U-21 2011, Jordi Amat tidak masuk ke dalam skuad Spanyol U-21 yang berlaga di ajang itu. Saat itu Spanyol U-21 memang diperkuat banyak sekali pemain bintang di berbagai lini.

Saat itu posisi bek tengah Spanyol U-21 diisi Mikel San Jose, Alvaro Dominguez, Javi Martinez, Victor Ruiz, dan Alberto Botia.

Timnas Spanyol U-21 saat itu berhasil meraih gelar juara di EURO U-21 2011. Dalam ajang yang digelar di Denmark itu, Spanyol U-21 menang 2-0 atas Swiss U-21 di babak final. Ander Herrera dan Thiago Alcantara jadi pencetak gol di laga itu.

3 dari 3 halaman

Rasakan Kompetisi Papan Atas

Espanyol adalah klub profesional pertama Jordi Amat dalam kariernya di La Liga. Di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu, Amat pernah memperkuat dua klub lain yakni Rayo Vallecano, Real Betis.

Selain itu, Jordi Amat juga sempat merasakan atmosfer Premier League. Ia sempat empat tahun jadi bagian dari Swansea City.

Bahkan di klub berlogo angsa itu, Jordi Amat mencatatkan total penampilan sebanyak 72 kali di semua ajang. Namun, ia tidak mencetak satu gol maupun assist untuk klub itu.

Jordi Amat memperkuat klub Belgia, KAS Eupen sejak tahun 2019 lalu. Selain jadi andalan utama di lini belakang, pemain 29 tahun itu juga menjabat sebagai kapten.

Video Populer

Foto Populer