Sukses


Kim Pan-gon Berbeda dengan Shin Tae-yong, Legenda Timnas Malaysia Beri Peringatan Kepada Suporter

Bola.com, Shah Alam - Legenda Timnas Malaysia, Safee Sali, memperingatkan suporter untuk tidak menaruh harapan tinggi kepada pelatih anyar mereka, Kim Pan-gon. Menurut Safee Sali, pelatih asal Korea Selatan itu butuh waktu untuk menyusun kekuatan skuad Harimau Malaya.

Kim Pan-gon resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Timnas Malaysia pada Januari 2022. Kim Pan-gon menjadi penerus Tan Cheng Hoe yang mengundurkan diri usai kegagalan di Piala AFF 2020.

Bagi Kim Pan-gon, ini menjadi petualangan perdana melatih di Asia Tenggara. Safee Sali yakin Kim Pan-gon butuh waktu untuk beradaptasi sehingga tak elok bila dibebani harapan tinggi oleh suporter Harimau Malaya.

"Pada kenyatannya banyak yang menaruh harapan tinggi kepada pelatih baru dan itu akan memberikan tekanan pada staf pelatih," kata Safee Sali seperti dikutip Berita Harian.

Safee Sali tampaknya ingin memperingatkan agar suporter bisa bersabar dengan pelatih Kim Pan-gon. Tak seperti Shin Tae-yong yang langsung mendapatkan target tinggi di Timnas Indonesia.

"Untuk mendapatkan hasil yang drastis dengan penunjukkannya, merupakan sesuatu yang mustahil dilakukan dalam satu atau dua bulan. Perubahan pola permainan juga tidak akan terjadi dalam waktu singkat dan tentu memakan waktu," tegas Safee Sali yang membela Timnas Malaysia rentang 2006-2017.

2 dari 2 halaman

Harap Bersabar

Safee Sali meminta para suporter Timnas Malaysia menghargai proses dan bersabar dengan kinerja pelatih Kim Pan-gon. Safee Sali yakin, Kim Pan-gon bakal membuat Timnas Malaysia kembali tangguh.

"Kita harus bersabar. Yang terpenting adalah dia harus cepat memahami budaya dan atmosfer sepak bola kita," ucap Safee Sali.

"Jangan terlalu berharap tinggi. Saya hanya ingin melihatnya beradaptasi dengan cepat dan mampu membentuk tim Harimau Malaya yang lebih kuat," tegas Safee Sali.

Video Populer

Foto Populer