Sukses


Hasil BRI Liga 1: Berkat Gol Penalti, Persebaya Bangkit dan Kalahkan Persiraja

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya akhirnya berhasil bangkit dari hasil minor gagal menang dalam empat laga terakhir BRI Liga 1 2021/2022. Mereka menang tipis 1-0 atas Persiraja Banda Aceh dalam pekan ke-26 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Sabtu (19/02/2022) malam.

Persiraja jadi tim yang agresif dalam memulai pertandingan ini. Peluang pertama muncul di menit keenam lewat aksi winger Rizky Yusuf yang mencoba melepas tembakan. Namun, sepakannya belum menemui sasaran.

Tim Bajul Ijo membalasnya lewat upaya yang dilakukan Mochammad Supriadi dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Alie Sesay di menit ke-10. Tembakan Supriadi mengarah ke gawang, tapi masih bisa ditepis oleh kiper Aji Bayu Putra.

Persiraja tidak tinggal diam terus mencoba menyerang. Di menit ke-22, Rizky Yusuf memberi umpan kepada Defri Rizki yang diteruskan menjadi ancaman ke gawang Persebaya. Lagi-lagi belum mengarah ke gawang.

Jabar Sharza yang bermain di lini tengah ikut membantu demi membuat Laskar Rencong mencetak gol dulu. Memanfaatkan umpan dari Akhirul Wadhan, sepakannya masih melenceng dari gawang Persebaya yang dikawal oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Para pemain Persebaya masih terlihat kesulitan menembus pertahanan Persiraja. Seperti menit ke-34, Bruno Moreira mampu menembus kotak penalti lawan. Tapi, di saat yang sama kotak penalti penuh sesak dengan pemain Persiraja sehingga tembakannya mudah diblok.

Peluang emas Persebaya tercipta lagi di menit ke-45 setelah sepak pojok. Bola muntah mengarah ke Reva Adi Utama yang berada di luar kotak penalti. Reva pun melepas tembakan keras dengan kaki kirinya, tapi melambung di atas mistar.

Permainan babak pertama berjalan cenderung kurang rapi dari kedua tim. Persebaya sulit menemukan celah lawan, sedangkan Persiraja juga lebih banyak bertahan. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Laskar Rencong masih terus berupaya untuk bisa mencetak gol dulu dalam mengawali babak kedua. Jabar Sharza kembali mendapat kans mencetak gol usai menerima bola dari Alvin Nasution di menit ke-47. Lagi-lagi sepakannya tidak mengarah ke gawang.

Persebaya berikutnya menguasai permainan meski banyak berkutat di lini tengah. Bruno Moreira berkesempatan mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Supriadi. Sepakannya pun juga belum menemui sasaran.

Tim Bajul Ijo akhirnya mendapat berkat di menit ke-60. Supriadi awalnya melakukan upaya penetrasi ke kotak penalti lawan. Tapi, dia kemudian dijatuhkan oleh Aji Bayu Putra yang membuat wasit menunjuk titik putih.

Persebaya pun akhirnya berhasil unggul dengan gol yang lahir lewat eksekusi penalti. Bruno Moreira yang ditunjuk sebagai algojo mampu melepas tembakan keras ke arah kiri gawang Persiraja yang gagal dibendung Aji di menit ke-62.

Keunggulan satu gol membuat Arif Satria dkk. tampil lebih agresif menekan pertahanan lawan. Namun, lagi-lagi mereka masih kesulitan menembus rapatnya lini belakang Persiraja yang bermain sangat defensif.

Persebaya kembali mendapat kans mencetak gol di menit ke-84 lewat Marselino Ferdinan. Dia mendapat umpan terobosan dari Taisei Marukawa yang diselesaikan dengan tembakan di kotak penalti Persiraja. Sayang, sepakannya diblok Aji.

Wasit Sance Lawita meniup peluit panjang dengan keunggulan 1-0 untuk Persebaya. Kemenangan ini tetap membuat Bajul Ijo menghuni peringkat kelima dengan 48 poin dari 26 laga. Sedangkan Persiraja juga masih terjebak di dasar klasemen baru mengoleksi 12 angka.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Persiraja (4-3-3): Aji Bayu Putra (kiper); Yasvani Yusri, Chairul Rifan, Leo Lelis, Rendy Saputra (belakang); Khairil Anwar, Jabar Sharza, Bruno Dybal (tengah); Defri Rizki, Akhirul Wadhan, Rizky Yusuf (depan).
  • Pelatih: Sergio Alexandre.
  • Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, Marselino Ferdinan (tengah); Mochammad Supriadi, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan).
  • Pelatih: Aji Santoso.
4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persiraja dan Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer