Sukses


6 Fakta Jordy Wehrmann Calon Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia: Pernah Bermain dengan Van Persie

Bola.com, Jakarta - PSSI kabarnya sudah mendapatkan satu kandidat sisa untuk program naturalisasi Timnas Indonesia. Satu di antara kandidat tersebut adalah Jordy Wehrmann.

Nama Jordy Wehrmann mengemuka bersama kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi. Satu dari nama tersebut kabarnya akan melengkapi kuota pemain yang akan dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia.

Sebelumnya, PSSI telah mendapatkan tiga pemain keturunan di Eropa untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia. Ketiganya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Jordy Wehrmann adalah gelandang asal Belanda yang membela peserta Swiss Super League atau kasta teratas Liga Swiss, FC Luzern. Pemain berusia 22 tahun itu berperan sebagai gelandang di lini tengah.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengungkapkan agen yang diutus pihaknya akan menggelar rapat dengan Emil Audero dan Jordy Wehrmann pada Rabu (2/3/2022) malam waktu Eropa. Agenda itu bakal membahas ajakan untuk berganti kewarganegaraan hingga bisa membela Timnas Indonesia.

"Rabu, 2 Maret 2022 waktu Eropa atau Kamis, 3 Februari 2022 pagi WIB, kolega yang juga agen kami sudah punya janji untuk makan malam bersama manajer dan pemain yang diminati oleh coach Shin Tae-yong," kata Hasani dalam akun Instagramnya, @hasaniabdulgani, Selasa (1/3/2022).

Lantas, siapakah sebenarnya Jordy Wehrmann? Berikut ini enam fakta seputar Jordy Wehrmann dan kariernya di dunia sepak bola.

2 dari 7 halaman

Dari Ibunda

Jordy Wehrmann punya darah Indonesia dari sang ibu. Sementara itu, ayahnya adalah orang Belanda asli.

Lewat YouTube Yussa Nugraha, Wehrmann menyebut kakek dan neneknya berasal dari Indonesia. Sementara, ibunya lahir di Belanda.

Walau lahir dan besar di Belanda, juga meniti karier sepak bola di sana. Wehrmann tetap menjaga ikatan emosional dengan Indonesia. Wehrmann sudah tiga kali ke Indonesia dan sering menyantap makanan Indonesia yang dibuat keluarganya.

3 dari 7 halaman

Membela Timnas Belanda

Karier junior Jordy Wehrmann cukup menonjol. Dia menjadi andalan di Feyenorrd dan promosi ke tim utama pada usia yang muda. Wehrmann juga pernah mencicipi pengalaman bermain di Timnas Belanda kelompok usia.

Wehrmann tercatat pernah membela Belanda pada ajang Euro U-17 2016. Saat itu, Belanda melaju hingga semifinal dan Wehrmann memainkan 11 laga. Wehrmann juga bermain untuk Belanda di Euro U-19 2018. Tapi, dia hanya memainkan satu laga.

4 dari 7 halaman

Pemain Serba Bisa

Wehrmann adalah pemain versatile alias pemain serba bisa. Posisi terbaik Wehrmann adalah gelandang, terutama gelandang tengah dan bertahan. Tapi, selain itu, Wehrmann juga bisa bermain untuk peran lain.

Transfermarkt mencatat bahwa Wehrmann juga bisa bermain sebagai bek tengah, gelandang kiri, dan kanan. Tapi, dia tidak cukup sering bermain pada dua posisi tersebut.

Well, jika Wehrmann bergabung dengan Timnas Indonesia, maka dia bakal jadi pesaing bagi Rachmat Irianto.

5 dari 7 halaman

Dipromosikan Giovanni Van Bronckhorst

Karier sepak bola Wehrmann tidak lepas dari sosok keturunan Indonesia lain yakni Giovanni Van Bronckhorst. Eks pemain Timnas Belanda itu adalah pelatih tim senior Feyenorrd yang memberikan Wehrmann promosi ke tim utama.

Pada musim 2018/2019, Van Bronckhorst mendaftarkan 29 pemain untuk skuad Feyenoord. Dua pemain diambil dari tim U-19 yakni Mats Knoester dan Jordy Wehrmann.

Van Bronckhorst berpisah dengan Feyenoord pada akhir musim 2018/2019. Setelah itu, posisi pelatih Feyenoord dipegang Dick Advocaat. Eks pelatih Timnas Belanda itu kemudian mendepak Wehrmann.

6 dari 7 halaman

Setim dengan Van Persie

Wehrmann promosi ke tim utama Feyenoord pada musim 2018/2019. Pada musim itu, Feyenoord menutup musim dengan berada di posisi ketiga klasemen akhir Eredivisie, di bawah Ajax dan PSV.

Feyenoord punya skuad yang bagus pada musim 2018/2019. Salah satu nama yang patut dicatat adalah Robin van Persie. Ini adalah musim terakhir Van Persie sebagai pemain profesional. 16 gol dicetak Van Persie selama satu musim penuh.

Selain itu, ada juga nama Steven Berghuis yang kini bermain untuk Ajax. Ada persaingan ketat di skuad Feyenoord dan Wehrmann tidak memainkan satu laga pun sepanjang musim.

7 dari 7 halaman

Ikuti Jejak Kurniawan Dwi Yulianto

Wehrmann punya karier yang cukup unik, terutama bagi publik sepak bola di Indonesia. Sebab, saat ini Wehrmann bermain untuk klub FC Luzern. Klub asal Swiss yang tidak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia.

FC Luzern adalah klub yang dibela oleh Kurniawan Dwi Yulianto usai tampil apik pada program PSSI Primavera di Italia. Kurniawan membela FC Luzern pada 1994 hingga 1995. Tapi, Si Kurus kemudian pulang ke Indonesia.

Wehrmann sendiri pindah ke FC Luzern pada Januari 2021 lalu. Awalnya, Wehrmann pindah dengan status pinjaman. Tapi, kini sudah dibeli permanen dan punya kontrak hingga Juni 2024.

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asar Arifin, published 1/3/2022)

Video Populer

Foto Populer