Sukses


3 Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023: Semua Tangguh dan Pantang Diremehkan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mendapatkan lawan yang tidak mudah pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong akan bersaing dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Kepastian itu didapat melalui undian yang digelar pada Kamis (24/2/2022). Timnas Indonesia wajib kerja keras untuk bisa meraih tiket ke Piala Asia 2023 yang digelar di China.

Timnas Indonesia akan menemui jalan terjal untuk bisa tampil di Piala Asia 2023. Saat ini, tersisa 11 tiket yang akan diperebutkan 24 tim.

Jumlah tersebut dirinci menjadi enam tiket langsung ke Piala Asia 2023 yang diraih oleh para juara masing-masing grup. Adapun lima tiket sisanya akan perebutkan runner-up grup terbaik.

Mereka akan dipertemukan pada klasemen kecil yang terdiri dari semua runner-up dari keenam grup. Artinya, dari enam grup ada satu runner-up yang tak akan lolos ke Piala Asia 2023.

Ketiga lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia sebenarnya sudah tak asing. Skuad Merah Putih pernah menghadapi ketiganya dalam laga persahabatan hingga turnamen resmi.

Lantas, seperti apa sebenarnya kekuatan para kandidat lawan Timnas Indonesia? Berikut ini sedikit perkenalan dengan skuad Nepal, Kuwait, dan Yordania yang akan dihadapi pasukan Shin Tae-yong di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nepal

Timnas Nepal saat ini diasuh oleh pelatih asal Kuwait, Abdullah Al Mutairi. Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar 14 Juni 2022.

Jadi, bisa dipastikan laga nanti akan sangat krusial buat kedua tim. Apalagi Nepal diperkuat oleh pemain-pemain berkualitas, semisal Rohit Chand.

Bukan rahasia bila Rohit Chand sudah mengenal gaya permainan Timnas Indonesia. Pengetahuan itu didapat Rohit yang sudah lama membela Persija Jakarta.

Selain Rohit Chand, Nepal juga diperkuat kiper senior Kiran Chemjong. Sejauh ini, kiper berusia 31 tahun itu menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Nepal saat ini, yakni 81 penampilan.

Ketimbang dua pesaing lainnya, Timnas Indonesia punya catatan bagus melawan Nepal, yakni tidak terkalahkan dalam satu laga. Ini akan dimaksimalkan pelatih Shin Tae-yong untuk menjaga asa lolos ke Piala Asia 2023.

Meski demikian, Nepal tetap saja tak boleh dipandang sebelah mata. Mengacu ranking FIFA, Timnas Indonesia hanya unggul tujuh peringkat dari Nepal yang kini ada di urutan ke-167.

3 dari 4 halaman

Kuwait

Timnas Kuwait bukan lawan yang asing buat Timnas Indonesia. Sejauh ini, Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali menghadapi Kuwait.

Timnas Indonesia hanya menang sekali, menelan dua kekalahan, dan tiga kali imbang melawan Kuwait. Jadi, bisa dipastikan duel melawan Kuwait bakal sengit.

Meskipun secara ranking FIFA Kuwait tak terlampau jauh dari Timnas Indonesia, yakni urutan ke-143. Adapun Timnas Indonesia berada di posisi 160.

Timnas Kuwait saat ini diasuh oleh pelatih lokal Thamer Enad. Pada 2022, Kuwait sudah menggelar dua laga uji coba melawan Libya dengan hasil sekali menang dan sekali kalah.

Pada FIFA Matchday Maret nanti, Kuwait mengagendakan dua laga uji coba melawan tim Eropa, yakni Latvia (25/3/2022) dan Malta (29/3/2022). Timnas Indonesia akan menghadapi Kuwait pada laga pembuka putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8 Juni 2022.

4 dari 4 halaman

Yordania

Timnas Yordania diprediksi menjadi ujian paling berat Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia tercatat sudah empat kali bertemu dengan Yordania.

Sayangnya, skuad Garuda kalah semua dalam pertandingan tersebut. Timnas Yordania saat ini diasuh Adnan Hamad asal Irak.

Timnas Yordania mengawali 2022 dengan kemenangan 3-1 atas Selandia Baru. Hasil itu sudah membuktikan Yordania ini bukanlah lawan enteng buat Timnas Indonesia.

Yordania saat ini berada di urutan ke-90 ranking FIFA. Jumlah tersebut sangat jauh di atas Timnas Indonesia yang ada di posisi ke-160. Ketajaman Yordania diyakini masih akan bergantung kepada penampilan Baha' Faisal dan Hamza Al-Dardour.

Timnas Indonesia akan menghadapi Yordania pada laga kedua, yakni 11 Juni 2022. Laga ini wajib dimaksimalkan skuad Merah Putih untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Video Populer

Foto Populer