Sukses


PSSI Menaturalisasi Pemain Keturunan di Eropa untuk Timnas Indonesia, Menpora: Presiden Jokowi Mendukung

Bola.com, Jakarta - PSSI disebut dapat kepercayaan dari Presiden Jokowi. Asosiasi yang dipimpin Mochamad Iriawan itu terus bergerilya dalam memproses dan mencari pemain keturunan di Eropa untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia.

"Terkait naturualisasi pemain untuk Timnas Indonesia, presiden memberikan kepercayaan kepada PSSI," kata Menpora, Zainudin Amali.

"Sepanjang untuk mempercepat, sebab ini untuk jangka pendek. Jangka panjangnya tetap kebutuhannya adalah pembinaan untuk Timnas Indonesia," jelasnya.

PSSI telah mendapatkan tiga dari empat pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Ketiganya adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Saat ini, PSSI masih memburu kiper Sampdoria, Emil Audero untuk menjadi calon pemain naturalisasi keempat atau terakhir bagi Timnas Indonesia.

Jika penjaga gawang kelahiran Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu menolak, PSSI telah menyiapkan gelandang FC Luzern di Liga Swiss, Jordy Wehrmann sebagai alternatif.

2 dari 3 halaman

Sudah Makin Dekat

Proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah makin dekat. Sebab, dokumen keduanya telah lengkap. Namun, Amali masih menunggu verifikasi berkas dari Shayne Pattynama.

"Sudah ada dua pemain. Mau tiga pemain tapi sedang diproses administrasi. Setelah beres, kami dorong," papar politikus Partai Golkar itu.

"Kami harus hati-hati betul jangan sampai sudah dinaturalisasi tapi pemainnya tidak bisa bermain. Begitu lho."

"Jadi sudah kami sebut. Begitu masuk di pemerintah saya instruksikan jajaran di Kemenpora agar membantu sesegera mungkin," jelas Amali.

3 dari 3 halaman

Emil Audero Top Target

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berencana untuk menjadikan Emil Audero sebagai calon pemain naturalisasi keempat Timnas Indonesia setelah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

"Benar, saya ingin menaturalisasi kiper. Memang posisinya beda dari yang lain tapi saya menginginkan pemain seperti itu," kata Shin Tae-yong.

"Dengan kemampuan sebagus itu dan jika dia datang ke Indonesia, mungkin dia bisa menyampaikan sesuatu yang baik untuk kiper-kiper Indonesia."

"Namun, saya tidak bisa pastikan Audero bisa dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia atau tidak," imbuh Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer