Sukses


Seru di Warung Bola Sore Ini, Yuk, Ngobrol tentang Naturalisasi : Sampai Di Mana Kita ?

Bola.com, Jakarta - Naturalisasi menjadi kata yang tengah hangat di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Beberapa nama muncul dan tenggelam terkait 'program' tersebut.

Pada satu dekade terakhir, naturalisasi menjadi bagian dari sepak bola Indonesia, terutama di panggung Timnas Indonesia. Jika mengacu pada jumlah pemain, rombongan besar pertama naturalisasi terjadi saat masuknya Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo, Kim Jeffrey Kurniawan, Jhonny van Beukering, Tonnie Cusell dan Diego Michiels.

Namun, publik Indonesia sepertinya tak terlalu impresif dengan keputusan PSSI tersebut. Setidaknya, hanya ada nama Stefano Lilipaly yang masih menggaung. Jhonny van Beukering dan Tonnie Cussell?, entah kemana, karena mereka memilih pulang kampung setelah tak laku di lingkar sepak bola Tanah Air.

Pada periode gelombang berikutnya, ada syarat administratif lama tinggal yang diikuti beberapa pemain. Mereka yang masuk golongan ini antara lain eks bomber Persik Kediri dan Persib Bandung, Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, penggawa Madura United Greg Nwokolo, Beto Goncalves, dan striker Bali United, Ilija Spasojevic.

 

2 dari 2 halaman

Yuk Ikutan

Beberapa pemain lain yang masuk sebagai warna negara Indonesia dengan model lama tinggal adalah Otavio Dutra, Fabiano Beltrame, dan gelandang Persib Bandung Marc Klok.

Nah, tentunya sangat menarik pembahasan terkait naturalisasi, terutama yang bakal bermain di Timnas Indonesia. Bagi kalian yang ingin ikut diskusi interaktif mengenai poin tersebut, yuk bergabung di Warung Bola edisi Senin (7/3/2022).

Jangan lupa, program spesial yang bakal 'mengudara' pukul 15.00 WIB, akan tayang secara langsung via Live IG BOLACOMID dan BOLANET. Kali ini, pembahasan seru dan menarik tersebut bakal bersama nara sumber jurnalis Bola.com, Muhammad Adiyaksa, dan host, Iqri Widya.

So, jangan sampai terlewat ya.

Video Populer

Foto Populer