Sukses


VIDEO Warung Bola: Kontroversi Proyek Naturalisasi PSSI buat Timnas Indonesia

Bola.com, JakartaNaturalisasi menjadi kata yang tengah hangat di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Warung Bola episode kali ini membahas kontroversi proyek naturalisasi PSSI buat Timnas Indonesia bersama jurnalis Bola.com, Muhammad Adi Yaksa, dan dipandu presenter Iqri Widya di akun Instagram Bola.com dan Bola.net.

PSSI tengah gencar menaturalisasi sejumlah nama pesepak bola untuk membela Timnas Indonesia. Terdapat tiga pesepak bola Eropa yang tengah menjalani proses naturalisasi. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Pengurusan dokumen ketiga pemain tersebut terus dikebut oleh PSSI dan sudah diteruskan di Kemenpora dan Kemenkumham. Proses naturalisasi ketiganya diharapkan bisa segera rampung, agar mereka dapat membela Timnas Indonesia pada 2022.

Naturalisasi sudah menjadi bagian dari sepak bola Indonesia dalam periode satu dekade terakhir, terutama di panggung Timnas Indonesia. Jika mengacu pada jumlah pemain, rombongan besar pertama naturalisasi terjadi saat masuknya Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo, Kim Jeffrey Kurniawan, Jhonny van Beukering, Tonnie Cusell dan Diego Michiels.

Pada periode gelombang berikutnya, ada syarat administratif lama tinggal yang diikuti beberapa pemain. Mereka yang masuk golongan ini antara lain eks bomber Persik Kediri dan Persib Bandung, Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, penggawa Madura United Greg Nwokolo, Beto Goncalves, dan striker Bali United, Ilija Spasojevic.

Bagaimana dengan naturalisasi kali ini yang merupakan proyek dari PSSI untuk keperluan skuad Timnas Indonesia? Pembahasannya di Warung Bola telah tayang secara live di Instagram Bola.com dan Bola.net bisa para pembaca simak kembali dalam tayangan di atas.

Video Populer

Foto Populer